SERANGGA PERMUKAAN TANAH NOCTURNAL DI EKOSISTEM PANTAI LHOK KETAPANG PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Sri Chici Utami, Sri Wahyuni, Suci Hawani

Abstract


Pantai Lhok Ketapang adalah salah satu tempat yang berada di Desa Deudap, Kepulauan Pulo Aceh yang terletak di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Banyak keanekaragaman flora dan faunanya. Serangga nokturnal adalah serangga yang beraktivitas pada malam hari. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 02 Mei 2019 dengan tujuan untuk mengetahui populasi dari jenis serangga permukaan tanah nokturnal pada tempat yang berbeda yaitu pada biotop terdedah dan biotop ternaung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Pitfall trap secara acak. Perangkap yang dipasang pada malam hari diambil pada pagi harinya sebanyak 1 kali pengambilan dan di ulang sampai 2 kali pengulangan.


Full Text:

PDF

References


Hasni Ruslan.2009. Komposisi dan Keanekaragaman Serangga Permukaan Tanah pada Habitat Hutan Homogen dan Heterogen di Pusat Pendidikan Konservasi Alam (Ppka) Bodogol, Sukabumi, Jawa Barat. Vis Vitalis, Vol.02 No. 1, Jakarta.

Martala, Sari. 2014. “Identifikasi Serangga Dekomposer Di Permukaan Tanah Hutan Tropis Datarn Rendah (Studi Kasus Di Arboretum dan Kompleks Kampus UNILAK Dengan Luas 9,2Ha)”, Jurnal Bio Lutura; Vol. 2, No. 1,hal. 64.

Partosoejono. 2006. Pengenalan Pelajaran Serangga. Yogyakarta: UGM Press.

Steve Setford. 2005. Intisari Ilmu Hewan Merayap. Jakarta: Erlangga




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i1.10560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0