KEANEKARAGAMAN TERUMBU KARANG DI ZONA SUB LITORAL PERAIRAN ULEE REDEUP

Alfizar Alfizar, Samsul kamal, Nurdin Amin

Abstract


Penelitian tentang keanekaragaman terumbu karang memiliki tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui indeks keanekaragaman karang di zona sub litoral perairan Ulee Redeup Kecamatan Pulo Aceh Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan cara pengamatan langsung pada lokasi pengamatan dan secara non destructive sampling atau tidak merusak terumbu dan habitat karang, dengan menggunakan metode Line Transek. Hasil penelitian diketahui bahwa jumlah keseluruhan diperoleh 12 spesies dan 79 individu karang. Indeks keanekaragam karang sebesar H = 2,28 tergolong kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah indeks keanekaragaman karang di zona sub litoral perairan Ulee Redeup kecamatan Pulo Aceh tergolong sedang.


Full Text:

PDF

References


Coremap Fase II. 2006. Modul Biota Asosiasi dan Pola Interaksi Antar Spesies. Benteng Kabupaten Selayar: Yayasan Lanra Link Makassar.

Harley and Miller, 1990. Zoology. Lowa: Wm, C. Brown Publishers.

S, Timotius. 2003. Makalah Training Course: Karakteristik Terumbu Karang. Suharsono. 2008. Jenis-jenis Karang di Indonesia. Jakarta: LIPI Press.

Suharsono. 2008. Jenis-jenis Karang di Indonesia. Jakarta: LIPI Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i1.11368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0