KARAKTERISTIK MORFOLOGI DAUN DI KAWASAN AIR TERJUN SUHOM KECAMATAN LHOONG KABUPATEN ACEH BESAR

Maulida Wulandari, Nurdin Amin

Abstract


Karakteristik morfologi daun pada tiap tumbuhan berbeda-beda. Hal yang membedakan daun satu dengan yang lainnya dapat dilihat dari pangkal daun, ujung daun, tepi daun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik morfologi daun yang terdapat di Kawasan Air Terjun Suhom Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik morfologi daun di kawasan Air Terjun Suhom berupa Pangkal daun sungsang, runcing, tumpul, membulat, berlekuk, meruncing dan rata. Ujung daun runcing, meruncing, tumpul dan terbelah. Tepi daun rata, bergerigi, berombak, bergigi, dan beringgit

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Deden. 2006. Biologi Pertanian Dan Kesehatan. Jakarta : Grafindo Media Pratama.

Arikunto, Suharmi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Aryuina, Diah. 2006. Biologi. Jakarta : Gelora Aksara Pratama.

Campbell. 2003. Biologi Edisi Kelima Jilid II. Jakarta : Erlangga,2003.

Dalaila, Isvana. 2018. “ Karakteristik Morfologi Dan Anatomi Chrysanthemum morifolium Dan Chrysanthemum indicum Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Kuliah Struktur Dan Perkembangan Tumbuhan”. Skripsi. Semarang : Fakultas Sains dan Teknologi.

Nugroho, Wahyu. 2008. “ Karakterisasi Morfologi Beberapa Nomor Aksesi Tanaman Jarak Pagar (Jatropha curcas) Dikebun Plasma Nutfah Asembagus, Situbondo Jawa Timur”. Skripsi. Surakarta : Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.

Prasetiyo, Nugroho Aji, Pertiwi Perwiraningtyas. 2017. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lingkungan Hidup Pada Mata Kuliah Biologi Di Universitas Tribhuwana Tunggadewi”. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(1).

Ratnasari, Juwita. 2008.Galeri Tanaman Hias Daun. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rosanti, Dewi. 2013. Morfologi Tumbuhan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Tjitrosoepomo, Gembong. 2007. Morfologi Tumbuhan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Wahyuni, Hadipoentyanti. 2008. “Keragaman Selasih (Ocimun Sp.) Berdasarkan Karakteristik Morfologi, Produksi Dan Mutu Herba”. Jurnal Littr, 14,(4).

Wardiah, Dkk. 2019. “Pteridophya Di Kawasan Air Terjun Suhom Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar”, Jurnal Biotik, 7, (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i1.11417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0