JENIS-JENIS LICHENES DI KAWASAN PUCOK KRUENG ALUE SEULASEH KECAMATAN JEUMPA

Ruhaisyah Nuna, Nurdin Amin

Abstract


Lichenes merupakan suatu organisme gabungan antara bentuk hidup jamur (fungi) dan alga khususnya alga hijau biru. Lichenes dipelajari di tingkat SMA dan MA pada kelas X yang termasuk ke dalam bab jamur (fungi). Pembelajaran mengenai lichenes di SMAN 6 Aceh Barat Daya seharusnya dilakukan dengan pengamatan langsung atau melalui gambar. Kurangnya media cetak memberi dampak pada pengetahuan siswa terhadap materi yang dipelajari. Karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai lichenes untuk mendapat informasi tentang lichenes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis lichenes yang terdapat di Kawasan Pucok Krueng Alue Seulaseh dan menjadikan hasil penelitian ini sebagai referensi pendukung pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey eksploratif dan pengambilan sampel secara purposive sampling. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ditemukan sebanyak 1.650 koloni lichenes yang terdiri dari 13 famili dan 26 spesies

Full Text:

PDF

References


Asih, Senjha Mutiara, dkk. 2013. “Keanekaragaman Jenis Lichenes Epifit pada Hutan Kopi dan Hutan Campuran di Nglimut Gonoharjo Kendal”. Jurnal Biologi, 2(2).

Campbell, Niel A dan Jane B. Reece. 2008. Biologi Edisi 8 Jilid 2.Jakarta: Erlangga.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pedoman Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Hasanuddin dan Mulyadi. 2014. Botani Tumbuhan Rendah. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Hasanuddin. 2006. Taksonomi Tumbuhan Tinggi. Banda Aceh : FKIP Unsyiah.

Roziaty, Efri dan Ratih Tri Utari. 2017 “Jenis dan Morfologi Lichen di Kawasan Hutan Sekipan Desa Kalisoro Tawangmangu Karangayar Jawa Tengah”. Jurnal Proceding Biology Education Conference, 14(1).

Roziaty, Efri. 2016. “Identifikasi Lumut Kerak (Lichen) Di Area Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta”. Jurnal Proceeding Biology Education Conference, 13(1).

Yurnaliza. 2002. “Lichenes (Karakteristik, Klasifikasi dan Kegunaan)”. Sumatera Utara: FMIPA Biologi USU digital Library.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i1.11418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0