STRUKTUR KOMUNITAS TUMBUHAN HERBA DI DESA IBOIH KECAMATAN SUKA KARYA KOTA SABANG

Putri Hajatun Zahra, Hendri Bancin, Nurdin Amin

Abstract


Tumbuhan herba adalah tumbuhan yang berbatang lunak (batangnya tidak berkayu). Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat struktur komunitas tumbuhan herba di Desa Iboih Kecamatan Suka Karya Kota Sabang. Penelitian ini di lakukan di Desa Iboih Kecamatan Suka Karya Kota Sabang pada bulan Agustus 2021. Rancangan penelitian menggunakan metode jelajah dan pengambilan sampel dengan teknik pembuatan petak kuadrat secara purposive sampling. Lokasi penelitian di pegunungan yang ada di Desa Iboih Kecamatan Suka Karya Kota Sabang. Hasil penelitian struktur komunitas diperoleh indeks nilai penting berjumlah 200%, dan indeks keranekaragaman berjumlah 1,218. Kesimpulan menunjukkan bahwa, spesies yang paling melimpah adalah Eleusine indica diantara spesies yang lain, keanekaragaman sedang dan secara keseluruhan tumbuhannya  heterogen.


Full Text:

PDF

References


Abtokhi, A. 2008, Sains untuk PGMI dan PGSD. Malang: UIN-Malang Press.

Aththorock, T.A 2005. Kemiripan Komuitas Tumbuhan Bawah pada Beberapa Tipe Ekosistem Perkebunan di Kabupaten Labuhan Batu. Jurnal Komunikasi Penelitian. Vol. 17, No. 5.

Djufri. 2003. “Analisis Vegetasi Spermatphyta di Taman Hutan Raya (Tahura) Seulawah Aceh Besar”. Jurnal Biodiversitas, Vol. 4. No. 1.

Mazer, S.N dan Darsikin. 2014. Distribusi dan Kelimpahan Spesies Tumbuhan Bawag pada Naungan Pinus mercusii, Acacia auriculiformis dan Eucalyptus alba di Hutan Gama Giri Mandiri, Yogyakarta. Jurnal Natur Indonesia. Vol. 16. No. 16.

Odum, E.P. 1993. Dasar-Dasar Ekologi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rugayah, dkk. 2004. Pengumpulan data Taksonomi. di dalam: Rugayah, E.A.Widjaja. Praptiwi (Eds.). Pedoman Pengumpulan Data Keanekaragaman Flora, Pusat Penelitian Biologi-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Soegianto, A. 1994. Ekologi Kuantitatif. Surabaya: Usaha Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i1.11490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0