BIOMASSA KARBON POHON DI PEGUNUNGAN IBOIH KECAMATAN SUKA KARYA KOTA SABANG

Sonia Putri Karina, Nurdina Nurdina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biomassa dan karbon pohon di pegunungan Iboih Kecamatan Suka Karya Kota Sabang.penelitian dilaksanakan di pegunungan Iboih Kecamatan Suka Karya Kota Sabang Provinsi Aceh pada tanggal 12 Agustus 2021. Ada lima plot pengamatan, dimana masing-masing plot ditempatkan dengan jarak 20 m dan 100 m di pegunungan Iboih. Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah. Karbon juga merupakan salah satu unsur utama pembentuk bahan organik termasuk makhluk hidup, hampir setengah dari organisme hidup merupakan jenis dari karbon. Biomassa merupakan bahan yang dapat diperoleh baik secara langsung maupun tidak langsung dan dimanfaatkan sebagai energi. Biomassa juga merupakan total jumlah materi hidup di atas permukaan pada suatu pohon dan dinyatakan dengan satuan ton berat kering per satuan luas. Hasil penelitian yang di peroleh diantaranya estimasi biomasa pada stasiun 7, 10,0761 dan stok karbon terbanyak juga di stasiun 7, 4,7845. Sedangkan estimasi biomassa dan stok karbon terendah yaitu berada pada stasiun 10, 7,8494 dan 10, 3,6103.

Full Text:

PDF

References


Darussalam D. 2011. Pendugaan Potensi Serapan Karbon Pada Tegakan Pinus Di KPH Cianjur Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten. Skripsi INSTITUT PERTANIAN BOGOR.

Elias, N.J. Wistara., 2009, Metode Estimasi Massa Karbon Pohon Jeunjing (Paraserianthes falcataria L Nielsen) di Hutan Rakyat, Artikel Ilmiah, Vol. XV, No. 2, Bogor: IPB.

Fahrudin, L., 2004, Komposisi Jenis Vegetasi Pada Hutan Sekunder Di Sekitar Kawasan Taman Nasional Lore Lindu Desa Rompo Kecamatan Lore Tengah Kabupaten Poso Sulawesi Tengah, Skripsi, Program Studi Manajemen Hutan Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu.

Lukito M. dan Rohmatiah A. 2013. Estimasi Biomassa dan Karbon Tanaman Jati Umur 5 Tahun. Agri-tek Volume 14 Nomor 1 : 1-23.

Latifah, S., 2004. Pertumbuhan Hasil Tegakan Eucalyptus grandis di Hutan Tanaman Industri. ITI Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Lubis, Sofyan Hadi, dkk., 2013. “Analisis Cadangan Karbon Pohon pada Lanskap Hutan Kota di Dki Jakarta”. Jurnal Penelitian dan Ekonomi Kehutanan. Vol. 10. No. 1.

Usmadi Didi dkk., 2015. “ Potensi Biomassa dan Cadangan Karbon Kebun Raya Balikpapan, Kalimantan Timur”. Jurnal Buletin Karbon Raya. Vol. 18. No. 1




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i1.11525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0