SPESIES KELAS GASTROPODA DAN BIVALVIA DI MUARA SARAGIAN KABUPATEN ACEH SINGKIL

Yulida Lase, Eva Naili Taib, Rizky Ahadi

Abstract


Kelas gastropoda biasanya disebut juga siput ataupun keong yang dapat berjalan menggunakan perutnya. Kelas bivalvia adalah kelas dalam mollusca yang mencakup semua jenis kerang-kerangan yang memiliki sepasang cangkang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahi spesies dari kelas gastropoda dan bivalvia di Muara Saragian Kabupaten Aceh Singkil. Penelitian ini dilakukan di Muara Saragian Kabupaten Aceh Singkil. Penelitian ini menggunakan metode Proposive Sampling dengan mengkombinasikan dua metode yaitu metode transek garis (Line transect) dan transek kuadrat.  Analisis jenis spesies menggunanakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ditemukan sebanyak 8 ordo yang terdiri 3 ordo gastropoda yaitu ordo ceanogastropoda, ordo neogastropoda dan ordo meseogastropoda dan 5 ordo dari bivalvia yaitu ordo veneroida, ordo arcoida, ordo cardiida, ordo adapedonta, dan ordo osteroida dengan total spesies secara keseluruhan berjumlah 455 spesies.


Full Text:

PDF

References


Dika Nugraini Pancawati dkk., 2014. “Karakteristik Fisika Kimia Perairan Habitat Bivalvia di Sungai Wiso Jepara”, Jurnal Undip.Vol.3. No. 4.

Elya Febriata dkk., 2015. “Keanekaragaman Gastropoda dan Bivalvia Hutan Mangrove Sebagai Media Pembelajaran pada Konsep Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA”. Jurnal Bioginesis. Vol. 11. No.2.

Ferianita Facrul Melati. 207. Metode Sampling Bioekologi. Jakarta: Bumi Akasara.

Hana Nisau Shalihah dkk., 2017. “Keanekaraagaman Molluska Berdasarkan Tekstur Sedimen dan Kadar Bahan Organik pada Muara Sungai Betah Walang Kabupaten Demak”. Jurnal Saintek Perikanan. Vol. 13. No. 1.

Hartoni dan Andi Agussalim. 2013. “Komposisi dan Kelimpahan Moluska (Gastropoda dan Bivalvia) di Ekosistem Mangrove Muara Sungai Musi Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan”. Jurnal Maspari. Vol. 5. No. 1.

Ika Ramdana Bancin dkk., 2020. “Deversitas Gastropoda Di Perairanlitorial Pantai Sancang Kabupaten Garut”. Jurnal Biosains. Vol. 6. No. 3.DOI: https://doi.org?1024114.jbio.

Insafitri. 2010. “Keanekaragaman Keseragaman Dan Dominansi Bivalvia di Area Buangan Lumpur Lapindo Muara Singai Porong”. Jurnal Kelautan. Vol. 3. No. 1.

Isdrajad Setyobudiandi. 2010. Seri Biota Laut Gastropoda Dan Bivalvia. STP HATTA: Sjahrir Banda Naira.

Komang Triwiyanto dkk., 2015. “Keanekaragaman Moluska di Pantai Serangan, Desa Serangan Kecamatan Denpasar Selatan Bali”. Jurnal Bioligi. Vol. 19. No. 2.

M. Ali S, dkk., Preferensi Substrat dan Kepadatan Populasi Faunus ater di Perairan Ekosistem Mangrove Sungai Reuleung Leupung Kabupaten Aceh Besar, Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (SNP), Banda Aceh: Unsyiah Diakses pada Tanggal 12 April 2017.

M. Ali, Samsul Kamal. 2019. Penuntun Pratikum Ekologi Hewan. Banda Aceh: Ar-Raniry Press.

Magfirah Kariono dkk., 2013. “Kepadatan dan Frekuensi Kehadiran Gastropoda Air Tawar di Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigli”. Jurnal e-Jipbiol. Vol. 1. No. 1.

Muhammad Masrur Islami. 2013. “Pengaruh Suhu dan Salinitas Terhadap Bivalvia”. Jurnal Oseana. Vol. XXXVIII. No. 2.

Titis Rahmasari. 2015. “Keanekaragaman Dan Kelimpahan Gastropoda Di Pantai Selatan Kabupaten Pamekasan Madura”. Jurnal Of Biology dan Biology Education. Vol.7. No. 1. DOI: 10.15294.Biosaintifika.V7i1.3535.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i1.11559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0