IDENTIFIKASI JENIS TUMBUHAN BAWAH DI DESA IBOIH KECAMATAN SUKA KARYA KOTA SABANG

Miratul Hasanah, Intan Layyina, Eva Nauli Taib

Abstract


Iboih merupakan salah satu kawasan objek pariwisata di Kota Sabang yang dijadikan lokasi penelitian. Tumbuhan bawah memiliki fungsi pokok dalam mengkonservasi tanah dan air. Hal ini dikarenakan tumbuhan bawah memiliki sistem perakaran yang banyak sehingga menghasilkan rumpun yang rapat dan mampu mencegah erosi tanah, serta berperan dalam meningkatkan bahan organik dalam tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan bawah di hutan Desa Iboih, Kecamatan Suka Karya, Kota Sabang. Penelitian ini menggunakan metode kuadrat dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan dan studi dokumentasi. Teknik metode kuadrat dengan menentukan 5 stasiun yang masing-masing terdiri dari 1 plot dengan petak kuadrat 1 x 1 m untuk herba dan 2 x 2 m untuk semak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman rendah yang ditemukan di hutan desa Iboih, kecamatan Suka Karya kota sabang, ditemukan 9 jenis spesies herba, 16 jumlah individu dari famili Asteraceae dengan indeks keanekaragamannya sedang dan 5 jenis spesies semak, jumlah 13 individu dari famili Cananga odorata dengan indeks keanekaragaman sedang.


Full Text:

PDF

References


Soerianegara I. 2005. Ekosistem Hutan Indonesia. Bogor : Laboratorium Ekologi Hutan Fakultas Kehutanan IPB.

Setiadi, D. 1984. Inventarisasi Vegetasi Tumbuhan Bawah dalam Hubungannya dengan Pendugaan Sifat Habitat Bonita Tanah di Daerah Hutan Jati Cikampek, KPH Purwakarta, Jawa Barat. Bogor: Bagian Ekologi, Departemen Botani, Fakultas Pertanian IPB.

Hilwan I. 2013. Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Bawah pada Tegakan Sengon Buto (Enterolobium cyclocarpum Griseb.) dan Trembesi (Samanea saman Merr.) di Lahan Pasca Tambang Batubara PT Kitadin, Embalut, Kutai Kartanagara Kalimantan Timur. Jurnal Silvikultur Tropika, 4(1):6-10.

Seri Maryani. 2018. Keanekaragaman Tumbuhan Herba di Daerah Aliran Sungai Tapak Moge Sebagai Referensi Pendukung Pembelajaran Keanekaragaman Hayati Di SMAN 16 Takengon.

Nanny Kusminingrum. 2018. Peranan Tanaman Semak Dalam Upaya Mengurangi Polutan Nox dan Co. Jurnal Jalan Jembatan.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i1.11585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0