STRUKTUR KOMUNITAS JENIS TUMBUHAN FAMILI MORACEAE DI KAWASAN PEGUNUNGAN IBOIH KECAMATAN SUKA KARYA KOTA SABANG

Hajrina Hajrina, Nurlita Nurlita

Abstract


Sabang merupakan salah satu pulau yang mempunyai kelimpahan flora dan fauna. Kawasan iboih kota sabang menjadi salah satu destinasi untuk berwisata karena memiliki pantai yang indah dan juga pegunungan yang menampilkan berbagai macam keanekaragaman jenis tumbuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat struktur komunitas jenis tumbuhan famili moraceae di kawasan pegunungan iboih kota sabang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2021 di pegunungan Iboih kota sabang. Rancangan penelitian ini menggunakan metode jelajah dan pengambilan sampel dengan teknik pembuatan petak kuadrat dengan menggunakan metode purposive sampling. Pada tiap titik diletakkan 5 plot dengan ukuran masing masing plot 10x10 m2 . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 jenis tumbuhan famili moraceae meliputi Artocarpus elasticus, Ficus mauritiana, Ficus benjamina, ficus carica, dan ficus hispida. Struktur komunitas jenis tumbuhan famili moraceae di peroleh bahwa kelimpahan yang tertinggi adalah Ficus mauritiana dengan indek nilai penting berjumlah 78,29%.


Full Text:

PDF

References


Dian Aswita dan Nurlena Andalia. 2016. “Ekowisata bahari di pantai Teupin Layeu Iboih dan keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan serta pengembangannya”. Jurnal Penelitian Humaniora, vol.21. No.2.

Prof. Dr. Nunuk Hariani Soekamto, MS. 2012. Potensi Cempedak Hutan (Artocarpusfretessi) family moraceae Endemik Sulawesi Selatan. PT Penerbit IPB Press Kampus IPB Taman Kencana Bogor.

zalikha. 2015. Peluang dan tantangan pelaksanaan wisata di Kota Sabang. Jurnal Al-bayan. Vol.22. No.31.

Hasanuddin. 2005. Sendi-sendi Taksonomi Tumbuhan Tinggi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Tjitrosoepomo, G. 1991. Dasar-dasar Taksonomi Tumbuhan. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i1.11586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0