PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH EKOLOGI PERAIRAN

Yusra Yusra, Cut Nurmaliah, M. Ali. S M. Ali. S

Abstract


Keterampilan proses sains merupakan salah satu kebutuhan yang perlu ditanamkan dalam diri mahasiswa untuk meningkatkan pemahamannya terhadap fenomena sains, yakni proses penyelidikan dalam memecahkan suatu permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan modul pembelajaran berbasis inkuiri terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah ekologi perairan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar. Metode penelitian ini adalah pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa yang terdapat di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 pada FPIK Universitas Teuku Umar berjumlah 105 mahasiswa dan 5 kelas yang mengambil mata kuliah Ekologi Perairan yaitu Prodi Perikanan, Akuakultul dan Sumber Daya Akuatik. Hasil analisis membuktikan bahwa persentase rata-rata Keterampilan Proses Sains mahasiswa pada indikator diperoleh observasi sangat tinggi, interpretasi sedang, klasifikasi sangat tinggi, komunikasi tinggi, percobaan tinggi, dan prinsip tinggi. Penerapan modul pembelajaran berbasis inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah ekologi perairan di FPIK Universitas Teuku Umar. Hasil belajar mahasiswa terdapat peningkatan pretest 42,93, posttest 76,5, dan N-gain 62,82. Sedangkan hasil uji beda rata-rata menunjukkan bahwa nilai Signifikansi 0,00 < 0,05, artinya terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa sebelum dan setelah menerapkan modul pembelajaran berbasis inkuiri. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah keterampilan proses sains diperoleh rata-rata sangat tinggi dan hasil belajar mahasiswa meningkat sebelum dan setelah menerapkan modul pembelajaran berbasis inkuiri.


Full Text:

PDF

References


Andromeda., Elllizar, Iryani, Yerimadesi, & Rahmah F. (2019). The effectiveness of guided inquiry based colloid system modules integrated experiments on science process skills and student learning outcomes. ICOMSET2018, IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1317 (2019) 012141, doi:10.1088/1742-6596/1317/1/012141. h. 1 9.

Retrieved from http://repository.unp.ac.id/26695/

Anwar, I. (2010). Pengembangan Bahan Ajar, Bahan Kuliah Online. Bandung: Direktori UPI.

Arantika, J., Saputro, S., & Mulyani, S. (2018). Effectiveness of guided inquiry-based module to improve science process skills. International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE 2018), IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1157 (2019) 042019, doi:10.1088/1742-6596/1157/4/042019. h. 1-7.

Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/ijpte/article/view/19750

Arikunto, S. (2001). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Edisi RevisiV). Cet. Kedua belas. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Astuti, T.R., & Olensia, Y. (2019). Pengembangan Modul Kimia Analitik Berbasis Inkuiri Pada Materi Titrasi. Jurnal Kimia dan Pendidikan. 4(2):127 141.

Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/EduChemia/article/view/5326

Damopolii, I., Yohanita, M.A., Nurhidaya, N., & Murtijani, M. (2018). Meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis inkuiri. Jurnal Bioedukatika, 6(1):22 30.

Retrieved from http://journal.uad.ac.id/index.php/BIOEDUKATIKA/article/view/8029

Dewi, P.E., Suyatna, A., Abdurrahman., & Ertikanto, C. (2017). Efektivitas Modul dengan Model Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Kalor. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(2):105-110. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadris/article/view/1901

Furqan, H., Yusrizal., & Saminan. (2016). Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Bukit Bener Meriah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2):124-129.

Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/7589/6239

Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision. D, Measurement and Reasearch Methodology.

Hunaepi., Susantini, E., Firdaus, L., Samsuri, T., & Raharjo. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Praktikum Ekologi. Jurnal Edusains. p-ISSN 1979-7281 e-ISSN 2443-1281. h.1 8.

Retrieved from http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/13869

Meltzer, E.D. 2002. The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. Am. J. Phy, 70(12):1259 1268. Retrieved from https://aapt.scitation.org/journal/ajp

Novitasari, E., Masykuri, M., & Aminah, S.N. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Matahari Sebagai Sumber Energi Alternatif di Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Inkuiri, 5(1):

Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/article/view/9518

Prihatin., Prayitno. A.B., & Rinanto, Y. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Jamur Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1Cepogo Boyolal. Jurnal Inkuiri, 6(1):75 90.

Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/article/view/17268

Qadariah, N., Lestari, R.S., & Rohman, F. (2019). Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Berdasarkan Hasil Penelitian pada Materi Sistem Reproduksi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(5):634 639.

Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12426

Sodikun, Sugiyarto, & Prayitno, A.B. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Pencernaan Makanan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015. h. 544-550. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/article/view/9488

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suwandi, S. (2011). Model-model Assesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Syazali, M., Rahmatih, N.A., & Nursaptini. 2021. Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Implementasi Spada UNRAM. Jurnal Pijar MIPA, 16(1): 103 112. Retrieved from https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/2290.

Verawati, P. S.N.N. (2013). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Pengembangan Program Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Inkuiri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Lensa”, 1(2): 125-132.

Retrieved from https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/Lensa/article/view/208.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11596

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11596.g6186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0