MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN SEBAGAI UPAYA KONSERVASI TANAMAN SORGUM

Marhamah Marhamah

Abstract


Sorgum merupakan salah satu tanaman langka yang tidak banyak diketahui oleh siswa. Sebagian warga masyarakat menganggap tanaman tersebut sebagai tanaman hama. Pembelajaran biologi memiliki peran dalam memberikan informasi dan konservasi tanaman sorgum.  Model Problem Based Learning memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkaji permasalahan yang ditemukan dan upaya mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya tentang tanaman Sorgum yang sudah mulai punah. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang didasarkan pada  hasil kajian literatur dan pengalaman penelitian dan pembelajaran biologi. Sintaks dalam model problem based learning memberikan informasi kepada siswa tentang deskripsi tanaman Sorgum, manfaat, dan cara penanamannya sekaligus permasalahnya yang mengalami kepunahan. Kegiatan investigasi memberikan kesempatan kepada siswa mencari informasi dari berbagai sumber tentang tanaman Sorgum dan menemukan bibitnya. Siswa mencari solusi untuk mengatasi permasalahan melalui upaya konservasi diantaranya dengan cara menanam sendiri dan mengajak warga untuk menanam bibit Sorgum.


Full Text:

PDF

References


Darmadi H. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Alfabeta: Bandung

Juriah dan Zulfiani. 2019. Penerapan Model PBL Berbantu Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Perubahan Lingkungan dan Upaya Pelestarian. Jurnal Edusains. 11(1).

Komala R., Heryanti E., dan Rinawati A. 2021. Effect of Problem Based Learning Model on Biodiversity Problem Solving Skills. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi. 14(1).

Marhamah, Irawati M.H., Susilo H., Ibrohim. 2014. Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan melalui Kegiatan Lesson Study. Prosiding Seminar & Workshop Nasional Biologi/IPA dan Pembelajarannya. Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang: Malang.

Masek A., & Yamin S., 2011. The Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Ability: A Theoretical and Empirical Review. International Review of Social Sciences and Humanities. 2(1).

Nurhadi, Yasin B., dan Senduk A.G. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Nur, M. 2011. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Sinaga E., 2020. Gandeng AIPI dan Kehati, UNAS Luncurkan Policy Brief Terkait Kebijakan Bioekonomi Indonesia. Berita (https://www.unas.ac.id/berita/gandeng-aipi-dan-kehati-unas-luncurkan-policy-brief-terkait-kebijakan-bioekonomi-indonesia/).

Suarni, 2012. Potensi Sorgum sebagai Bahan Pangan Fungsional. Iptek Tanaman Pangan. 7(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0