ANALISIS TANGGAPAN SISWA SMP TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA AUTHORWARE 7.0 PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH

Nafisah Hanim

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanggapan siswa terhadap media pembelajaran berbasis Macromedia Authorware 7.0 pada materi sistem peredaran darah di SMPN 1 Indrapuri Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel digunakan 1 kelas, yaitu kelas VII1 yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket tanggapan siswa dengan 10 aspek yang dinilai melalui google form. Analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil analisis tanggapan siswa dari 10 aspek yang dinilai terhadap media pembelajaran Macromedia Authorware 7.0 sebagai media pembelajaran pada materi sistem peredaran darah yaitu 84% dengan kategori positif. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Macromedia Authorware 7.0 dapat digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran.

           


Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perseda.

Muhammad Nanang Muttaqin. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Authorware 7.0 Pokok Bahasan Bilangan Bulat Pada Kelas VII Semester I SMPN 1 Prambon Tahun Ajaran 2015/2016”, Jurnal Macromedia, Vol. 2, (1), h. 7.

Sumadi Suryabrata. 2011. Psikologi Pendidikan Jakarta : Pt Raja Grafindo Persada.

Surya Puspita Sari. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran dengan Program Macromedia Authorware 7.0 Pada Mata Pelajaran IPA (Semarang: Teknologi Pendidikan), h. 4.

Salim, dan Syahrum. 2004. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Publishing House.

Valentina Nunung Dea Ristanti, dkk. 2019. ”Respon Siswa Terhadap Modul Pembelajaran Berbasis Savi (Somatic,Auditory,Visualitation, Intellegency) Pada Materi Ekosistem Dd Sman 1 Papar”. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya. Vol.6. No.1

Winanto, Adi dkk. (2012). “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Macromedia Authorware 7.0 pada Matakuliah Konsep Dasar IPA”. Jurnal Satya Widya. Vol. 28, (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0