UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MELALUI PENERAPAN METODE PETA KONSEP (MIND MAP) PADA SISWA KELAS VII-2 MTsN 2 KABUPATEN ACEH BESAR

Suji Hartini

Abstract


Permasalahan dari penelitian tindakan kelas ini adalah bagaimana aktivitas siswa dan hasil belajar IPA Terpadu serta respon siswa pada pokok bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup melalui pendektan Peta Konsep di kelas VII-2 MTsN 2 Aceh Besar. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, mengetahui hasil belajar siswa, dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran di kelas VII-2 MTsN 2 Kabupaten Aceh Besar. Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pendekatan Peta Konsep, dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-2 semester ganjil berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes uji kompetensi, dan angket, selanjutnya data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa meningkat untuk mengerjakan tugas-tugas, berpikir (berdiskusi), dan menjawab soal-soal secara berkemlompok. Rata-rata prosentase aktivitas siswa sebelum PTK 60,43% meningkat menjadi 72,92% pada siklus I dan 83,13% pada siklus II. Rata-rata ulangan harian sebelum tindakan 55,71 meningkat menjadi 68,64 pada siklus I dan 79,33 pada siklus II. Berdasarkan fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa PTK dengan pendekatan peta konsep  meningkatkan minat dan hasil belajar IPA pada pokok bahasan Klasifikasi makhluk Hidup di MTsN 2 Kabupaten Aceh Besar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1989 .Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar/Mind Map untuk Anak agar mudah menghafal dan berkonsentrasi. Jakarta: PT Grmadia Pustaka Utama.

DePorter, B dan Hernachi, M. (2000). Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung. Kaifah

Sudjana. D 2001 Metode & Teknik Pembelajaran Partisipasif. Bandung Falah Production.

Suhardjono, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Svantesson, 2004. Learning Maps and Memory Skills. Terjemahan Bambang Prajoko. (2004). Jakarta: Gramedia.

Winkel, WS 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0