PENGEMBANGAN BUKU UNIT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN KEANEKARAGAMAN LUMUT KERAK DI DANAU PICUNG KABUPATEN LEBONG

Repani Anggraini, Bhakti Karyadi, Alif Yanuar Zukmadini, Dewi Jumiarni, Abdul Rahman

Abstract


Lumut kerak (lichens) merupakan simbiosis mutualisme yang terjadi antara jamur dengan alga. Kelompok tumbuhan ini memiliki fungsi sebagai indikator lingkungan alami di suatu daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman lichens di Danau Picung Kabupaten Lebong dan mengetahui hasil kelayakan Buku Unit Pembelajaran (BUP) yang terintegrasi riset materi jamur (fungi) kelas X SMA Negeri 3 Lebong. Objek penelitian ini yaitu  24 orang siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan model 4D yang dibatasi pada tiga tahap meliputi tahap define, design, dan develop. Teknik pengumpulan data lichens adalah teknik observasi dan teknik pengumpulan data kelayakan BUP menggunakan angket. Observasi lichens dilakukan di kawasan Danau Picung dengan metode garis transek. Uji kelayakan BUP dilakukan oleh validator ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 23 spesies lichens yang terdiri dari 1 divisi ascomycota, 5 kelas, dan 19 famili. BUP yang diintegrasikan dengan hasil riset lichens mendapatkan nilai sangat layak oleh validator (97,76%) dan layak digunakan sebagai bahan ajar materi jamur (fungi) kelas X pada tingkat Sekolah Menengah Atas.


Full Text:

PDF

References


Asnah. (2018). Inventarisasi Lumut Kerak (Lichenes) Epifit di Hutan Wisata Loang Gali Lenek Ramban Biak Lombok Timur. Skripsi tidak diterbitkan. Mataram : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram.

Ernilasari, E., Rahmawati, L., & Mahdi, N. (2018). Keanekaragaman Jenis Lichens di Pegunungan Gle Jaba Kecamatan Lhoong Aceh Besar. Prosiding Seminar Nasional Biotik, Aceh: UIN Ar Raniry Banda Aceh.

Fransisca, S., & Putri, R. N. (2019). Pemanfaatan Teknologi RFID untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah Dengan Metode (R&D). Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi (JMApTeKsi), 1(1), 72-75.

Karyadi, B., Ruyani, A., Susanta, A., & Dasir, S. (2016). Pembelajaran sains berbasis kearifan lokal pada sekolah menengah pertama di wilayah Bengkulu Selatan (Pemanfaatan ikan mungkus (sicyopterus cynocephalus) sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sains di SMPN 20 Bengkulu Selatan). In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), Surakarta. Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/289792257.pdf

Kadir, A. (2013). Konsep pembelajaran kontekstual di sekolah. Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan, 13(1).

Kemdikbud. (2019). Pengembangan Paket Pembelajaran. Jakarta: Kemdikbud

Rahmani, R. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Serambi Ilmu, 17(2).

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2014). Dasar-dasar Statistik. Bandung : Alfabeta.

Rosida. (2017). Efektivitas Penggunaan bahan ajar e-book interaktif dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1): 35-45.

Roziaty, E. (2016). Kajian lichen: morfologi, habitat dan bioindikator kualitas udara ambien akibat polusi kendaraan bermotor. Bioeksperimen: Jurnal Penelitian Biologi, 2 (1), 54-66.

Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan flip PDF professional pada materi alat-alat optik di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145-152.

Suryaningsih, Y. (2018). Ekowisata sebagai sumber belajar biologi dan strategi untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Bio Educatio, 3(2),279499.

Thiagarajan S., Semmel D., & Semmel M. I. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children: A Sourcebook. Minneapolis: Central for Innovation on Teaching the Handicaped.

Utari, Ratih Tri. (2017). Karakteristik Morfologi Lichen Crustose di Kawasan Hutan Sekipan Desa Kalisoro Tawangmangu Karanganyar Provinsi Jawa Tengah. Publikasi Ilmiah. Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11609

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11609.g6191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0