KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING MENURUT ORANG TUA PADA SATUAN PENDIDIKAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN DARUL IMARAH DAN DARUSALAM KABUPATEN ACEH BESAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui harapan orang tua terhadap pembelajaran jarak jauh anak terhadap satuan pendidikan selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitafif deskriptif dan metode survei, populasi yang digunakan dalam penelitain ini yaitu pada Kabupaten Aceh Besar sedangkan sampel yang digunakan yaitu Kecamatan Darul Imarah dan Darussalam dengan jumlah responden 105 orang. Instrument Penelitian Yang digunakan untuk menggumpulkan data Berupa hasil Wawancara secara tatap muka dan kuesioner yang tersebar ke 105 orang tua pada Kecamatan Darul Imarah dan Darussalam secara online dengan menggunakan Google Form. Hasil yang didapat dari tanggapan kuesioner berupa pembelajaran yang dilakukan selama Covid-19 Efektif dilakukan akan tetapi dalam pembelajaran anak kurang memahami pembelajaran yang diberikan oleh guru. Hasil dari harapan orang tua banyakanya orang tua berharap akan adanya protokol kesehatan di setiap sekolah, adanya juga bantuan sarana dari pihak sekolah dan pemerintah bagi orang tua dalam pembelajaran anak, adanya pembelajran yang mudah dipahami oleh anak dalam proses pembelajaran dan dibatasinya warga luar masuk ke Aceh dalam masa pandemi ini. Sebaiknya adanya materi pembelajaran yang mudah bagi anak dan bantuan sarana bagi orang tua dalam pembelajaran anak selama pandemi Covid-19 ini.
Full Text:
PDFReferences
Afnibar and D. F. N, “PEMANFAATAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KEGIATAN BELAJAR ( Studi terhadap Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang ),” Al-Munir J. Komun. dan Penyiaran Islam, vol. 11, pp. 70–83, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/almunir/article/download/1501/1122.
B. Mulatsih, “Penerapan Aplikasi Google Classroom , Google Form , Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia Di Masa Pandemi Covid-19 Application of Google Classroom , Google Form and Quizizz in Chemical Learning During the Covid-19 Pandemic,” ideguru J. Karya Ilm. Guru, vol. 5, no. 1, pp. 16–26, 2020, [Online]. Available: https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/129.
Badan Penanggulangan Bencana Aceh, “Surat Edaran Gubernur Aceh,” 17 maret 2020, 2020. https://bpba.acehprov.go.id/index.php/informasi/read/2020/03/17/213/surat-edaran-gubernur-aceh-tentang-pelaksanaan-kegiatan-belajar-mengajar-di-rumah.html.
Cahyani, I. D. Listiana, and S. P. D. Larasati, “Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19,” IQ (Ilmu Al-qur’an) J. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 01, pp. 123–140, 2020, doi: 10.37542/iq.v3i01.57.
B. Apriyanti and S. PGRI Pacitan, “the Parents Role in Guiding Distance Learning and the Obstacle During Covid-19 Outbreak,” J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. VII, no. 2, pp. 68–83, 2020, [Online]. Available: http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/9075.
B. Walidaini and A. M. Muhammad Arifin, “Pemanfaatan Internet Untuk Belajar Pada Mahasiswa,” J. Penelit. Bimbing. dan Konseling, vol. 3, no. 1, 2018, doi: 10.30870/jpbk.v3i1.3200.
D. Panti and A. Al, “Jurnal Abdimas Kesehatan Perintis Penyuluhan Physical Distancing Pada Anak,” vol. 2, no. 1, pp. 37–41, 2020.
D. Sawitri, “Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19),” Prioritas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 01, pp. 13–21, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/161.
D. Haqien, A. A. Rahman, and P. Sejarah, “PEMANFAATAN ZOOM MEETING UNTUK PROSES PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19,” vol. 5, no. 1, 2020.
C. Handayani, “Penyakit Virus Corona 2019,” J. Respirologi Indones., vol. 40, no. 2, p. 129, 2020.
D. I. Islamy, “Penelitian Survei dalam Pembelajaran & Pengajaran Bahasa Inggris,” Pasca Sarj. Pendidik. Bhs. Ingg., no. August, 2019, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/335223420_Penelitian_Survei_dalam_Pembelajaran_Pengajaran_Bahasa_Inggris.
J. Pendidikan, J. Kesehatan, and F. I. Keolahragaan, “Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga Di Sma Karangturi Kota Semarang,” Act. - J. Phys. Educ. Sport. Heal. Recreat., vol. 2, no. 8, pp. 524–535, 2013, doi: 10.15294/active.v2i8.1792
Kementrian pendidikan dan kebudayaan, “Surat Edaran Pemerintah,” 29 mei 2020, 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah.
Kemenkes RI, “Kesiapan Kementrian Kesehatan RI Dalam Menghadapi Outbreak Novel Coronavirus,” Kemenkes RI, pp. 1–26, 2020, [Online]. Available: https://www.papdi.or.id/pdfs/817/dr Siti Nadia - Kemenkes RI.pdf.
M. W. Sahidillah and P. Miftahurrisqi, “Whatsapp sebagai Media Literasi Digital Siswa,” J. VARIDIKA, vol. 1, no. 1, pp. 52–57, 2019, doi: 10.23917/varidika.v1i1.8904.
M. M. C. Otálora, “Corona virus diseases (Covid-19) sebuah tinjauan literatur,” Parq. los afectos. Jóvenes que cuentan, vol. 2, no. February, pp. 124–137, 2020, doi: 10.2307/j.ctvzxxb18.12.
P. Karakter and M. Homeschooling, “Pendidikan Karakter Melalui Homeschooling,” J. Nonform. Educ., vol. 2, no. 1, 2016, doi: 10.15294/jne.v2i1.5316.
ResearchGate, “No Title,” 2018, 2018. https://www.researchgate.net/figure/Gambar-2-Tahapan-dan-Alur-Teknik-Analisis-Data-Model-Interaktif-Digambar-Ulang-Dari_fig1_326480904.
R. putri Indahningrum, “TINJAUAN PUSTAKA COVID-19: VIROLOGI, PATOGENESIS, DAN MANIFESTASI KLINIS,” vol. 2507, no. 1, pp. 1–9, 2020.
R. N. Putri, “Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 20, no. 2, p. 705, 2020, doi: 10.33087/jiubj.v20i2.1010.
Sabran and E. Sabara, “Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran,” Pros. Semin. Nas. Lemb. Penelit. Univ. NEGERI Makasar, pp. 122–125, 2019, [Online]. Available: https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:SS_jKM_r2TAJ:https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/download/8256/4767+&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id.
S. Prasetyaningtyas, “Pelaksanaan Belajar Dari Rumah ( BDR ) Secara Online Selama Darurat Covid-19 Di SMP N 1 Semin,” Ideguru J. Karya Ilm. Guru, vol. 5, no. 1, pp. 86–94, 2020, [Online]. Available: https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/139/165.
Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19,” Biodik, vol. 6, no. 2, pp. 109–119, 2020, doi: 10.22437/bio.v6i2.9759.
O. I. Handarini and S. S. Wulandari, “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) Selama Pandemi Covid 19 Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) … ..,” vol. 8, no. 1, pp. 496–503, 2020
W. Hartanto, “Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran,” J. Pendidik. Ekon., vol. 10, no. 1, pp. 1–18, 2016.
Y. Darmawan, P. Studi, P. Matematika, F. Keguruan, D. A. N. Ilmu, and U. M. Surakarta, “PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM,” 2019.
ส. ไทรทับทิม, “aplikasi edmodo sebagai media pembelajaran e- learning,” no. 2011, 2554, [Online]. Available: http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf.
.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11610
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11610.g6192
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN : 2828-1675
Email : official.semnasbiotik@gmail.com
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY-SA 4.0