PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MASA PANDEMI COVID-19 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
Eriawati Eriawati
Abstract
Pembelajaran secara daring dianggap menjadi solusi terbaik terhadap kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid 19. Prodi pendidikan biologi salah satu prodi yang ikut menerapkan pembelajaran daring, salah satunya pada mata kuliah media pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa serta media pembelajaran yang digunakan dengan pembelajaran daring pada mata kuliah Media pembelajaran biologi oleh mahasiswa pendidikan biologi UIN Ar-Raniry. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan biologi UIN Ar-Raniry yang mengambil mata kuliah Media Pembelajaran biologi di masa pandemi Covid-19 yang berjumlah 104 mahasiswa. sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 26 mahasiswa yang dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan lembar wawancara dan lembar angket. Analisis datanya dengan menggunakan rumus persentase yaitu P= F/N x 100. Hasil penelitian menunjukkan Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah Media pembelajaran biologi di masa pandemi covid-19 secara keseluruhan memperoleh hasil 67,5%, dengan kategori kurang baik. Media pembelajaran yang digunakan mahasiswa pada pembelajaran daring untuk menunjang mata kuliah Media pembelajaran biologi terdiri dari Zoom, Google meet, Laptop, Hp, Google classroom, Whatsapp dan Email. Adapun kesimpulan penelitian ini adalah kendala yang dialami dalam proses penggunaan media pembelajaran daring adalah ketidak stabilan jaringan internet, kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran, pengaruh kualitas gadged dan waktu belajar yang terbatas.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Firman, dkk,. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19”. Indonesian Journal of Educational Science
(IJES), 2 (2).
Hamidah, Afreni. 2020. “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6 (2).
Isbaniah, F. 2020. Pedoman Pencegahan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19), Jakarta: Kementrian
Kesehatan RI.
La Ode Anhusadar, L Ode. 2020. “Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19”.
Journal Of Islamic Early Childhood Education. 3 (1).
Narbuko,Cholid dkk. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Partyaninsih, 2020. Analisis Penggunaan Media Daring Era Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar PAI dan Budi Pekerti
pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Salatiga, Skripsi, Salatiga: IAIN Salatiga.
Rahman. 2019. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPS”. Jurnal
Pendidikan. 10 (2).
DOI:
http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i1.11628
DOI (PDF):
http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i1.11628.g6203
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY-SA 4.0