ANALISIS MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI MTsS DARUL HIKMAH ACEH BESAR

Authors

  • Firdayani Firdayani Program Studi Pendidikan Ftk Uin Ar-raniry
  • Eva Naili Taib Program Studi Pendidikan Ftk Uin Ar-raniry
  • Rizky Ahadi Program Studi Pendidikan Ftk Uin Ar-raniry

DOI:

https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11636

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan video animasi pada materi sistem ekskresi di kelas VIII di MTsS Darul Hikmah Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode quasi experimen dan teknik purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari 50 sampel yang merupakan peserta didik pada kelas VIII. Penelitian yang dilakukan pada bulan Juni 2021. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, pemberian angket dan soal tes. Analisis data dilakukan dengan kuantitatif terhadap observasi, angket dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Persentase angket minat belajar peserta didik pada kelas eksperimen yaitu 79,7% dengan kategori sangat tinggi dan kelas kontrol 67,85% dengan kategori cukup. Persentase observasi minat belajar kelas eksperimen 82,7% dengan kategori sangat tinggi dan kelas kontrol 66,3% dengan kategori cukup. Hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dikategorikan sangat baik dengan persentase 80,16% dan kelas kontrol dikategorikan baik dengan persentase 73,6%. Berdasarkan hasil uji t dengan skor 3,502 dan probabilitas 0,02<0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara pembelajaran dengan penerapan video animasi dan pembelajaran tanpa menerapkan video animasi (konvensional)

Author Biographies

  • Firdayani Firdayani, Program Studi Pendidikan Ftk Uin Ar-raniry
    Program Studi Pendidikan Ftk Uin Ar-raniry
  • Eva Naili Taib, Program Studi Pendidikan Ftk Uin Ar-raniry
    Program Studi Pendidikan Ftk Uin Ar-raniry
  • Rizky Ahadi, Program Studi Pendidikan Ftk Uin Ar-raniry
    Program Studi Pendidikan Ftk Uin Ar-raniry

References

Suardi. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

Relis Agustien, dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi. 5(1), 20

Dian Permana, dkk. (2017). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Permainan Tradisional Engklek Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani. Sumedang: UPI Sumedang Press, 97-98

Downloads

Published

2022-06-29