KELAYAKAN BUKU AJAR BIOLOGI PADA SUB MATERI Pteridophyta DI SMA NEGERI 1 BEUTONG KABUPATEN NAGAN RAYA

Authors

  • Andaivi Andaivi Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-raniry Banda Aceh
  • Eva Naili Taib Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-raniry Banda Aceh
  • Nurdin Amin Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/pbio.v9i1.11647

Abstract

Kelayakan uji materi yang telah ditentukan oleh validator diperoleh persentase 78,14% sedangkan kelayakan ahli media diperoleh hasil 78,91%. Berdasarkan rata-rata kedua skor diperoleh kelayakan sebesar 78,52% dengan criteria layak. Respon siswa terhadap buku ajar diperoleh persentase yaitu 88,5% dengan criteria sangat positif. Media pembelajaran ini memuat materi Pteridophyta secara lengkap dengan perpaduan teks dan gambar. Kelayakan media buku ajar padamateri Pteridophyta di SMA Negeri 1 Beutong, Nagan Raya diperoleh persentase rata-rata 78,52% dengan criteria layak direkomendasikan sebagai salah satu media yang dapat digunakan sebagai sumber belajar di SMA Negeri 1 Beutong. Respon siswa terhadap buku ajar diperoleh persentase yaitu 88,5% dengan Kriteria sangat positif.

Author Biographies

  • Andaivi Andaivi, Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-raniry Banda Aceh
    Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-raniry Banda Aceh
  • Eva Naili Taib, Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-raniry Banda Aceh
    Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-raniry Banda Aceh
  • Nurdin Amin, Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-raniry Banda Aceh
    Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-raniry Banda Aceh

References

Agung Webe. 2010. Smart Teaching. Yogyakarta: Jogja Bangkit Publisher.

Amri Safan dan Ahmad lif Khiru. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.

Hanafiah dan Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama.

Muhammad Rusli, dkk. 2017. Multimedia Pembelajaran yang Inovatif. Yogyakarta: ANDI.

Nugroho Aji Prasetiyo dan Pertiwi Perwiraningtyas. 2017. “Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lingkungan Hidup Pada Matakuliah Biologi Di Universitas Tribhuwana Tungga dewi”. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. Vol. 3. No. 1.

Rohmad qomari. 2009. “Teknik Penelusuran Analisis Data Kuantitatif dalam Penelitian Kependidikan”. Jurnal Pemikiran Alternatif. Vol. 14. No. 3.

Sanjaya. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran Cet. II. Jakarta: Kencana.

Serian Wijatno. 2009. Pengantar Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suraida, dkk. 2013. “Keanekaragaman Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Taman Hutan Kenali Kota Jambi”. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung.

Downloads

Published

2022-06-07