PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA SMP

Fakhri Yacob, Eriawati Eriawati, Anggiyana Anggiyana

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui secara spesifik gambaran perkembangan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa sebagai akibat dari intervensi penerapan metode role playing dan media audio visual dalam pembelajaran Materi Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia. Rancangan penelitian menggunakan desain quasi eksperiments, dimana siswa kelas VIII1  ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan VIII2 sebagai kelas kontrol pada SMP Negeri 8 Banda Aceh. Instrumen pengumpulan data mengguanakan KMBS (Kuesioner Motivasi Belajar Siswa) dan Paper-Pencil Test Materi SPMM (Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia) untuk Pre-Test dan Post Test. Teknik uji-t digunakan untuk menganalisis data dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini melaporkan bahwa penggunaan metode role playing dan media audio visual cenderung dapat memotivasi belajar siswa dan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Materi Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia. 


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Surabaya: Lentera Cendekia.

Fathurrohman. Penerapan Metode Role Playing dan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Gugus 1 Tampak Siring. Jurnal Pendidikan, Vol: 2 No:1 hal 5-11.

Handayani, Y. 2013. Penerapan Metode Role Playing (Bermain Peran) dan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Bengkulu. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 3. No.3 Juni 2013 h. 6-12.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0