PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATERI SISTEM OTOT MANUSIA MELALUI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DAN MIND MAPPING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Fakhri Yacob, Wati Oviana, Rina Muliza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar, mengajar, dan hasil belajar siswa sebagai dampak dari intervensi (penerapan) model pembelajaran Student Facillitator and Explaining dan Mind Mapping. Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) digunakan untuk menemukan data (informasi) aktivitas belajar, mengajar, dan hasil belajar 23 siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 11 Banda Aceh. Pengumpulan data menggunakan LOABS (Lembar Observasi Aktivitas Belajar Siswa), LOAMG (Lembar Observasi Aktivitas Mengajar Guru), dan Paper-Pencil Test (post test) untuk mengetahui hasil belajar Materi Sistem Otot Manusia. Data dianalisis dengan membandingkan antara data (skor rerata dan persentase) siklus I dengan data siklus II. Data pada siklus I melaporkan bahwa aktivitas mengajar guru mencapai kategori baik (83%) dan pada siklus II meningkat menjadi baik sekali (94%). Selanjutnya, aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori baik (75%) dan pada siklus II meningkat menjadi baik sekali (89%). Hasil belajar siswa secara klasikal terdapat 14 siswa yang tuntas (61%) dan 9 siswa tidak tuntas (39%) pada siklus I meningkat menjadi 21 siswa (91 %) dan 2 siswa tidak tuntas (9%) pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Student Facillitator and Explaining dan Mind Mapping cenderung dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa, terutama, materi Sistem Otot Manusia.

Full Text:

PDF

References


Anas Sudjono. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Eka Ariyanti, dkk., 2014. “Pengaruh Model SFE dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol. 2 (1).

Elliott, S. N., Kratochwill, T.R., Littlefield, J., & Travers, J.F. 2000. Educational Psychology: Effective Teaching Effective Learning (3nd ed.). New York: McGraw-Hill Co.

Indah Lestari, dkk. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar IPA”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol. 2 (1).

Norma Kusmintayu, dkk., 2012. “Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Vol. 1 (2).

Purhandayani. 2014. “Penerapan Model Student Facilitator and Explaining pada Materi Ajar Power Point”. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. Vol. 16 (2).

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran, Ed. 2. Jakarta: Rajawali Pers.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sriyono, 1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyadi, 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Tukiran Taniredja, dkk. 2013. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Tia Ristiasari, dkk. 2012. “Model Pembelajaran Problem Solving dengan Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Unnes”. Journal of Biology Education. Vol. 1 (3).

Tony Buzan. 2009. Buku Pintar Mind Map, Cet. 7. Jakarta: Gramedia

Usman U. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11649

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11649.g6212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0