EKSTRAK AIR BUNGA KENCANA UNGU (Ruellia simplex) SEBAGAI PEWARNAAN ALTERNATIF PREPARAT SEDIAAN APUSAN DARAH TEPI (SADT)

Ayu Nirmala Sari, Alifa Tazkiya, Yudi Mafira

Abstract


Sediaan Apus Darah Tepi (SADT) merupakan apusan yang dibuat dari sel darah manusia dan kemudian diwarnai dalam pemeriksaan hematologi. Hal ini bertujuan untuk mengamati berbagai unsur sel darah tepi seperti eritrosit, leukosit dan trombosit. Salah satu yang menjamin hasil dari pemeriksaan SADT antara lain yaitu dari kualitas pewarnaan yang digunakan. Pewarnaan yang biasa digunakan dalam pembuatan preparat apusan darah yaitu dengan menggunakan pewarnaan Giemsa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ekstrak dari bunga kencana ungu sebagai pewarnaan alternatif, karena bunga ini mengandung antosianin dalam jumlah yang cukup banyak. Pembuatan zat warna dari bunga kencana ungu dilakukan dengan metode ekstraksi air. Hasil pengamatan preparat SADT di bawah mikroskop menunjukkan bahwa zat warna dari ekstrak air kencana ungu hanya diserap oleh eritrosit, sedangkan untuk leukosit dan trombosit tidak menyerap warna dengan baik, sehingga kurang terlihat jelas saat diamati. SADT yang menggunakan pewarnaan Giemsa menunjukkan hasil gambar dimana leukosit, eritrosit dan trombositnya terlihat dengan begitu jelas. Hal ini dikarenakan pewarna Giemsa memiliki sifat pewarna kation (basa) azure B, yang mana ini berfungsi untuk mewarnai trombosit dan memberikan warna biru-ungu pada nukleoprotein, granula basofil dan granula neutrophil. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ekstrak air bunga kencana ungu hanya dapat digunakan sebagai pewarnaan alternatif untuk pengamatan sel darah merah (eritrosit).


Full Text:

PDF

References


Alawiyah, S. S. 2016. Gambaran Hitung Jenis Leukosit Dengan Pewarnaan Kombinasi Giemsa dan Wright di Laboratorium Stikes Muhammadiyah. Ciamis: Stikes Muhammadiyah Ciamis.

Ali. F., Ferawati., Arqomah, R. 2013. Ekstraksi Zat Warna dari Kelopak Bunga Rosella (Studi Pengaruh Konsentrasi Asam Asetat dan Asam Sitrat). Jurnal Teknik Kmia. 19 (1): 26-33.

Andaria, S. 2018. Dye Sensitized Solar Cell Dengan Ekstrak Bunga Kencana Ungu (Ruellia tuberosa L.) Sebagai Pemeka Cahaya. Skripsi. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Anwar, A.Y., Nurhamsiah. 2018. Penentuan Kriteria Penilaian Kesan Jumlah Trombosit Pada Pemeriksaan Apusan Darah Tepi. Jurnal Kesehatan Pnrita Husada. 3 (2): 95.

Chothani, D.L., Patel, M.B., Mishra, S.H., Vaghasiya, H.U. 2010. Review On Ruellia tuberosa (Cracker plant).

Pharmacognosy Journal. 2 (12) : 506-512.

Effendi, D. 2010. Serbuk Akar Kunyit (Cucurma domestica val) Sebagai Zat Warna Alternatif Pada Hisoteknik. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Fitriana, A. S. 2017. Ekstrak Air Tanaman Seledri (Apium graveolens) Terhadap Peningkatan Volume Urin Tikus Putih.

Purwokerto: Viva Medika.

Ingrath, W., Nugroho, W. A., Yulianingsih, R. 2015. Ekstraksi Pigmen Antosianin Dari Kulit Buah Naga Merah (Hylocereus costaricensis) Sebagai Pewarna Alami Makanan dengan Menggunakan Microwave (Kajian Waktu Pemanasan dengan Microwave dan Penambahan Rasio Pelarut Aquadest dan Asam Sitrat). Jurnal Bioproses Komoditas Tropis. 3(3): 1-8.

McKenzie, S. B. 2014. Clinical Laboratory Hematology. New Jersey: Pearson Education Inc.

Miarsyah, M. 2011. Biologi Kesehatan dan Pertanian Untuk SMK dan MAK Kelas XI. Jakarta: Erlangga. Nugraha, G. 2015. Panduan Pemeriksaan Laboratorium Hematologi Dasar. Jakarta: Trans Info Media.

Rita, F., Fithri, C. 2015. Ekstraksi Antosianin Limbah Kulit Manggis Metode Microwave Assisted Extraction (Lama Ekstraksi dan Rasio Bahan : Pelarut). Jurnal Pangan dan Agroindustri. 3 (2): 362-363.

Salnus, S., Arwie, D. 2020. Ekstrak Antosianin dari Ubi Ungu (Ipomoea batatas L.) Sebagai Pewarna Alami Pada Sediaan Apusan Darah Tepi. Jurnal Media Analisis Kesehatan. 11 (2): 97.

Suebkhampet, A., Sotthibandhu, P. 2012. Effect of Using Aqueous Crude Extract form Butterfly Pea Flower (Clitoria ternatea L.) as a Dye on Animal Blood Smear Staining. Suranae Journal of Science Technology. 19 (1): 15- 19.

Susilawati, E., Artati., Sainus, S. 2021. Studi Potensi Ekstrak Antosianin Dari Kulit Buah Mangis (Garcinia mangostana) Sebagai Pewarna Apusan Darah Tepi (ADT) Dalam Melihat Leukosit. Jurnal TLM Blood Smear. 2 (1): 11.

Widarta, I. W. R., Kalallingi, A. G., et al. 2020. Aktivitas Antioksidan dan Evaluasi Sensoris Teh Herbal Bunga Gumitir (Tagetes erecta L.). Jurnal Ilmiah Teknologi Pertanian Argotechno. 5 (2): 40.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0