PREFERENSI IKAN YANG DIBUDIDAYAKAN PETANI TAMBAK DI KOTA BANDA ACEH

Liza Mahera, Elita Agustina

Abstract


Kota Banda Aceh merupakan salah satu daerah pesisir yang terdampak tsunami. Pasca tsunami pesisir pantai Aceh direkonstruksi dan direhabilitasi kembali. Salah satu sumber matapencaharian masyarakat pesisir pantai adalah lahan tambak yang pada saat bencana tsunami mengalami kerusakan parah. Sehingga tambak menjadi salah satu program prioritas yang dipercepat proses pembangunnannya. Pascatsunami petani tambak mendapat bantuan dari pemerintah dan non pemerintah contohnya seperti bibit ikan dan udang. Pemilihan bibit ikan dan udang yang dibudidayakan petani tambak sangat beragam dan berdasarkan berbagai pertimbangan tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui spesies dan preferensi ikan yang dibudidayakan petani tambak di Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, studi dokumentasi dan wawancara langsung terhadap petani tambak. Hasil penelitian menunjukkan ada lima spesies ikan yang dibudidayakan petani tambak di Kota Banda Aceh yaitu Chanos-chanos, Oreochromis mossambicus, Lates calcarifer, Oreochromis. niloticus dan Clarias gariepinus. Pertimbangan pemilihan ikan yang dibudidayakan berdasarkan nilai ekonomis, daya tahan terhadap serangan penyakit, reproduksi yang cepat dan kemudahan dalam pemeliharaannya. Ikan yang dibudidayakan di Kota Banda Aceh cukup beragam dengan preferensi tertentu.


Full Text:

PDF

References


Hariati Friska Sitio, M et al. 2017. “Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Benih Ikan Lele (Clarias sp.) pada Salinitas Media yang Berbeda”. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia. 5(1).

Irmawati, et al. 2021. Budidaya Ikan Kakap Putih. PT. Nas Media Pustaka: Indonesia.

Khairuman dan Khairul Amri. 2013. Budi Daya Ikan Nila.. PT AgroMedia Pustaka: Jakarta.

Lukman, et al. 2014. “Efektivitas Pemberian Akar Tuba (Derris elliptica) Terhadap Lama Waktu Kematian Ikan Nila (Oreochromis niloticus)”. Jurnal Pertanian. 5(1).

Nur Aidah, S. 2020. Mengenal Lebih dalam Budidaya Ikan Lele. Penerbit KBM Indonesia: Jogjakarta.

Mas’ud, F. 2011. “Prevalence and Infection Level of Dactylogyrus sp. on Gill of Milkfish Juvenile (Chanos-chanos) In Traditional Pond, Glagah Subdistrict, Lamongan Residence”. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. 3(1).

Ghufran, M. 2010. Panduan Lengkap Memelihara Ikan Air tawar di Kolam Terpal. Lily Publisher. Yogyakarta.

Sari, N et al. 2006. Penilaian Data Lingkungan Pasca Tsunami di Provinsi Nanggro Aceh Darussalam. Wetiands Internasioanal. Jawa Barat: Indonesia.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung.

Syamsidik, et al. 2019. Aceh Pasca 15 Tahun Tsunami: Kilas Balik dan Proses Pemulihan. Tsunami and Disaster Research Center (TDMRC): Banda Aceh-Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0