IDENTIFIKASI JENIS TUMBUHAN ANGGREK DI KAWASAN LUTHU LAMWEU KABUPATEN ACEH BESAR

Fera Zulianti, Zuraidah Zuraidah

Abstract


 

Identifikasi jenis tumbuhan Anggrek adalah tahapan untuk mengidentifikasi tumbuhan Anggrek yang ditemukan di lokasi penelitian secara runtut sehingga menemukan taksonominya. Anggrek yang terdapat di kawasan Luthu Lamweu tidak kalah beraneka ragam jenisnya yang tumbuh secara epifit dan terestrial. Penelitian ini bertujuan mengetahui jenis Anggrek di Kawasan Luthu Lamweu. Metode dalam penelitian ini yaitu jelajah (survey eksploratif). Data penelitian ini diambil pada 3 stasiun pengamatan, stasiun 1 pada perkampungan warga, stasiun ke 2 pada perkebunan warga dan stasiun ke 3 pada kawasan hutan. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tabel pengamatan. Hasil dari penelitian terdapat 11 jenis Anggrek yang tergolong dalam 9 genus. Spesies yang ditemukan Acriopsisililiifolia, Bulbophyllumivaginatum,iBromheadia ifinlaysoniana, Cattleya sp., Cymbidium ifinlaysonianum, iDendrobium icrumenatum iSw., iVanda isp. Phalaenopsis delyciosa, iDendrobium iburanna ifineball, AppendiculaitortaiBlume, idan Dendrobiumisp.


Full Text:

PDF

References


Arie Wijayanto Purwanto. 2016. Anggrek Budi Daya Dan Perbanyakan. Yogyakarta: LPPM UPN Veteran Yogyakarta Press.

Asep Sadili. 2011. Keanekaragaman, Persebaran Dan Pemanfaatan Jenis-Jenis Anggrek (Orchidaceae) Di Reesort Citorek, Taman Nasional Gunumg Halimun-Salak, Jawa Barat. Jurnal Biosfera, Vol. 28. No. 1.

Dewi Rosanti, Rizki Revici Widianjaya. 2018. Morfologi Orchidaceae Di Kebun Raya Liwa Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung, Sainsmatika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol. 15. No 2.

Djufri, Dkk,. 2015. Orchidaceae Pulau Rubiah Kota Madya Sabang Provinsi Aceh, Jurnal iBiotik, Vol. 3. No. 1.

Dwi Agustin, Dkk,. 2015. “Inventarisasi Keanekaragaman Anggrek (Orchidaceae) Di Hutan Resort Way Kanan Balai Aman Nasional Way Kambas Sebagai Sumber Informasi Dalam Melestarikan Plasma Nutfah”. Jurnal Bioedukasi Pendidikan Biologi, Vol. 6. No. 1.

Gunadi, T. 1977. Kenal Anggrek. Bandung : Angkasa.

Heriswanto, K. 2009. Berkibarlah Anggrek-Anggrek Indonesia. Jakarta : BBI Dinas Kelautan Dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta.

Nawawi. 2014. “Jenis-Jenis Anggrek Epifit Pada Kawasan Hutan Bremi Distrik Manokwari Utara”. Jurnal Biodiversitas. Vol. 1. No. 2.

Prihatman, K. 2000. Anggrek. Jakarta : Budidaya Pertanian.

Rizka Amali, Dkk,. 2014. Kekayaan Jenis Anggrek Di Hutan Alam Desa Beginjan Kecamatan Taya Hilir Di Desa Beginjan Kecamatan Sanggau, Jurnal Protobiont, Vol. 4. No. 1




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0