PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DIKELAS VIII MTsS MARDHATILLAH KOTA SUBULUSSALAM

Authors

  • Nurhalijah Nurhalijah Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Cut Ratna Dewi Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Nafisah Hanim Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11685

Abstract

Kurangnya keaktifan siswa pada mata pelajaran Biologi pada materi sistem pernapasan pada manusia di MTsS Mardhatillah Kota Subulussalam salah satunya disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan alat peraga terhadap perbedaan peningkatan keaktifan belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan metode konvensional pada materi sistem pernapasan di MTsS Mardhatillah Kota Subulussalam. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment Design yaitu Pre-test Post-test Non-equivalent Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Mardhatillah Kota Subulussalam, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 16 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Total Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi untuk melihat keaktifan siswa. Teknik analisis data keaktifan belajar siswa dilakukan dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan alat peraga dengan kelas yang dibelajarkan dengan metode konvensional.

Author Biographies

  • Nurhalijah Nurhalijah, Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh
    Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Cut Ratna Dewi, Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh
    Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Nafisah Hanim, Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh
    Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh

References

Abd. Rahman Bahtiar. (2017). “Prinsip-Prinsip dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Tarbawi, 1(2): 149-158. DOI: 10.26618/jtw.v1i2.368.

Abdul Haris Pito. (2018). “Media Pembelajaran dalam Perspektif Alquran”. Jurnal Diklat Teknis, 6(2): 97-117. DOI :10.36052/andragogi.v6i2.59.

Albert Efendi Pohan. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa tengah : Sarnu Untung.

Edno Kamelta. (2013). “ Pemanfaatan Internet oleh Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang”. Jurnal CIVED, 1(1): 142-146. DOI: 10.24036/cived.v1i2.1851.

Ina Kristiana, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran TGT Menggunakan Media PUZZLE terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Eksresi”. Jurnal Bioma, 6(2): 78-92. DOI: 10.26877/bioma.v6i2.1740.

Nasaruddin. (2015). “Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika”, Jurnal Al-khawarizmi, 3(2): 21-30. DOI: 10.24256/jpmipa.v3i2.232.

Nugroho Wibowo. (2016). “Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari”. Jurnal ELINVO,1( 2): 128-139. DOI: 10.21831/elinvo.v1i1.10621

Downloads

Published

2022-06-29