MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM): INVENTARISASI MITRA DALAM PELAKSANAAN MAGANG MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Authors

  • Dian Aswita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Serambi Mekkah

DOI:

https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11747

Abstract

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah salah satu program unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa dalam menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Salah satu bentuk kegiatan pembelajaran yang ditawarkan adalah magang/praktik. Magang bertujuan untuk memberikan kesempatan dalam mengaplikasikan teori-teori yang telah dipelajari di perkuliahan, serta penerapan keterampilan umum dan khusus di dunia kerja. Penulisan makalah bertujuan untuk menemukan dan menginventarisasi beberapa dunia usaha sebagai mitra dalam pelaksanaan magang mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Riset kepustakaan terhadap ide-ide ditinjau, berbagai literatur dikumpulkan dan dianalisis secara deskriptif. Studi ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa dunia usaha yang dapat dijadikan sebagai mitra magang mahasiswa FKIP sebagai upaya meningkatkan mutu lulusan yang siap bersaing dan membuka peluang usaha di era digital.

Author Biography

  • Dian Aswita, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Serambi Mekkah

    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Serambi Mekkah

References

Baharuddin, M.R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1): 195-2015. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591

Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Retrieved from: http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020.

Effrisanti, Y. (2015). Pembelajaran Berbasis Proyek melalui Program Magang sebagai Upaya Peningkatan Soft Skills Mahasiswa. Eksis, X(1): 28-41. http://ejournal.stiedewantara.ac.id.

Fatah, A. (2021). Eksplorasi Dukungan Industri Mitra dalam Pelaksanaan Magang pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, Universitas Negeri Malang Tahun 2021, pp. 282-290. http://snastep.com/proceeding/index.php/snastep/index.

Ghoer, H.F., Ratnawulan., Mulyati, E.N., Suherman, D., & Wachyudin. (2019). Sekolah Mitra sebagai Komunikator Pelaksanaan Magang Penguasaan Kompetensi Calon Pendidik pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Gunahumas, 2(1): 248-263.

Kodrat, D. (2021). Industrial Mindset of Education in Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Policy. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 4(1): 9 – 14.

Moleong, J.L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A.A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education (FJIE), 1(1): 141-157. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah.

Sopiansyah, D., & Masruroh, S. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1): 34-41. DOI: 10247476/reslaj.v4i1.458.

Sudaryanto., Widayati, W., & Amalia, R. (2021). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2): 78-93. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18379.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 21 Oktober 2020, pp. 13-28. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/.

Susetyo. (2020). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 21 Oktober 2020, pp. 29-43. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/.

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3): 203-219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108.

Downloads

Published

2022-06-29