PENGARUH WARNA LAMPU TERHADAP KEHADIRAN SERANGGA NOCTURNAL DI KAWASAN KAMPUS UIN AR- RANIRY BANDA ACEH

Alfira Alfira, Siti Ajar, Nafisah Hanim

Abstract


Serangga adalah salah satu makhluk hidup yang termasuk ke dalam kingdom Animalia dengan Filum Arthropoda dan dikelompokkan dalam kelas insekta. Serangga ada yang melakukan aktifitas pada siang hari serta ada yang melakukan aktivitas pada malam hari. Serangga nokturnal merupakan serangga yang aktif pada malam hari. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh warna lampu terhadap kehadiran serangga nokturnal di kawasan kampus UIN Ar- raniry Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif eksploratif. Pengamatan yang dilakukan menggunakan 4 warna lampu yaitu merah, putih, biru dan hijau. Hasil penelitian yang dilakukan didapatkan serangga sebanyak 11 ordo dan 20 famili. Serangga paling banyak terjebak pada lampu berwarna putih yaitu sebanyak 124 individu, lampu biru sebanyak 81 individu serangga yang terjebak, lampu hijau sebanyak 60 individu serangga yang tertangkap dan yang paling sedikit pada lampu merah yaitu sebanyak 47 individu, jadi dapat disimpulkan bahwa warna lampu berpengaruh terhadap keberadaan serangga nokturnal.


Full Text:

PDF

References


Faradila, Annisa, Nukmal, Nismah, Dania, Gina dan Tugiyono. 2020. “Keberadaan Serangga Malam Berdasarkan Efek Warna Lampu di Kebun Raya Liwa”. Lampung: Jurnal Biomal. 22 (2).

Harahap, Fadillah Raihan S, Afrianti, Suratni dan Situmorang, Vikto H. 2020. “Keanekaragaman Serangga Malam (Nocturnal) di Kebun Kelapa Sawit PT. Cinta Raja”. Medan: Jurnal Pertanian Berkelanjutan. 8 (3).

Husaeni, Endang A. 2010. Xystrocera festiva Thoms. (Cerambycidae, Coleoptera): Biologi dan Pengendaliannya pada Hutan Tanaman Sengon. Bogor: IPB Press.

Rahman, Ahmad Raihun, Aphrodyanti, Lyswiana dan Salamiah. 2018. “Uji Preferensi Beberapa Warna Lampu Perangkap Terhadap Serangga Padi Lahan Rawa Pasang Surut”. Jurnal Proteksi Tanaman Tropika. 1 (3).

Subandi. 2016. “Pembasmi Hama Serangga Menggunakan Cahaya Lampu Bertenaga Solar Cell”. Yogyakarta: Jurnal Teknologi Technoscientia. 9 (1).

Tutiliana, 2016. “Keanekaragaman Serangga Nocturnal di Kawasan Penyangga Ekosistem Hutan Lindung Lueng Angen Iboih”. Bireun: Jurnal JESBIO. 5 (2).

Wati, Cheepy, Rahmawati, Hartono, Rudi dan Haryati, Prasasti Wahyu. 2021. Entomologi Pertanian. Medan: Yayasan Kita Menulis.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i1.13387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0