KAJIAN ETNOBOTANI DALAM RITUAL RAJAH SEUMAPA (BALEK KUNYET) PADA MASYARAKAT JEUMPA BARAT KECAMATAN JEUMPA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

Safri ani, Badariati Abdiah, Mutiara Tri Octamil

Abstract


Rajah seumapa (Balek kunyet) merupakan ilmu pengobatan tradisonal Aceh yang disebabkan oleh sapaan roh orang yang telah meninggal. Rajah seumapa dilakukan dengan cara membacakan ayat-ayat Al-Quran serta dibacakan pula mantra-mantra, bahan yang digunakan dalam ritual rajah seumapa adalah kunyit dan kapur. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimna masyarakat gampong Jeumpa Barat memanfaatkan tanaman kunyit sebagai pengobatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rajah Seumapa (Balek Kunyet) dipercayai oleh masyarakat yang berfungsi untuk menyembuhkan sakit yang disebabkan karena seumapa ataupun sakit yang lainnya.


Full Text:

PDF

References


Abdul Rani usman. 2009. Budaya Aceh. Banda Aceh:Pemerintah Provinsi Aceh.

Akabar Ali. 2011. Etika kedokteran dalam Islam. Jakarta: Pustaka Antara.

Amsal Bakhtiar. 2007. Filsafat Agama Wisata Pemikiran dan Kepercayaan Manusia. Jakarta: Raja Grafindo.

Hermansyah. “Tradisi Meurajah dalam Pengobatan Manuskrip Aceh". Jaringan Komunitas Adat Aceh. 10 April 2014.

Kementrian Agama RI. 2010. Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta:Lentera Abadi.

Ridwan Hasan. 2018. “Kepercayaan Animisme dan Dinamisme dalam Masyarakat Islam Aceh”. Jurnal Ilmi-Ilmu Keislaman. Vol.5. No. 2.

Ririn Dwi Rahayu. 2019. Studi Etnobotani Pada Proses Ritual Adat Pernikahan Masyarakat Suku Sunda, Jawa dan Bali di Desa Bumi Daya Kecamatan Palas kabupaten Lampung Selatan.

Safrizal. 2018. “Rajah Seumapa Dan Balek Kunyet (Mantra Penanggkal Dan Balik Kunyit)”. Jurnal Ilmu Pengobatan Aceh. Vol.8. No.2.

wawancara bersama Ibu Hindon sebagai Tokoh Ritual di Gampoeng Jeumpa Barat. 22 Juni 2022.

Wawancara dengan beberapa Warga yang Tinggal di Gampoeng Jeumpa Barat. 22 Juni 2022




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i1.13889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0