PENGEMBANGAN APLIKASI SOFTWARE IBUILD APP UNTUK PEMBELAJARAN BOTANI TUMBUHAN RENDAH PADA MATERI LICHENES

Fakhri Yacob, Anugerah Bimantara, Mulyadi Mulyadi

Abstract


ABSTRAK

Teknologi aplikasi pada smartphone merupakan salah satu alternatif untuk membantu mahasiswa mendapatkan materi dan bahan belajar. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan dan menguji kelayakan aplikasi Ibuild App dalam penggunaannya pada mata kuliah Botani Tumbuhan Rendah materi Lichenes. Metode penelitian Research and Development dilibatkan dalam penelitian ini dimana pengembangan  aplikasi Ibuild App diuji dengan instrumen validasi uji kelayakan media, validasi uji kelayakan materi Lichenes,           dan respon pengguna. Hasil penelitian uji kelayakan aplikasi pembelajaran berbasis android melalui software Ibuild App pada materi Lichenes melaporkan bahwa: ahli media mendapatkan persentase kelayakan 74,03% dengan kriteria layak untuk digunakan,  ahli materi mendapatkan persentase kelayakan 80,1% dengan kriteria layak digunakan, dan respon pengguna mendapatkan persentase kelayakan 87% dengan kriteria sangat layakdigunakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran       berbasis android melalui software Ibuild App pada materi Lichenes di mata kuliah Botani Tumbuhan Rendah layak dipertimbangkan untuk digunakan oleh pengguna.

 

Kata Kunci: Tekhnologi aplikasi pembelajaran, Smartphone, Software Ibuild App, Lichenes, Botani Tumbuhan Rendah

Full Text:

PDF

References


Abu Yazid Bustomi, 2010. “ Aplikasi Pembelajaran Panca Indra pada Manusia Berbasis Android”, Jurnal Telematika, Purwokerto: STMIK Amikom Purwokerto, Vol. 3, No. 1, h. 32-37.

Ardinis Arbain, Afrizal, dan Mildawati, 2010. “Taksonomi Tumbuhan Rendah”, Modul, Padang: Universitas Andalas, 2010

Asep Suryana, “Tahap-Tahapan Penelitian Kualitatif”, Modul, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2007

Djemari Mardapi, 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes, Yogyakarta: Mitra Cendikia Press

Fatma Sukmawati, 2014. “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Biologi SMP Berbasis Android untuk Bekal Menghadapi UAN di SMP Islam Bakti 1 Surakarta”, Modul, Surakarta: AMIK Harapan Bangsa

Hanafi, 2017. “Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan”, Jurnal Kajian Keislaman,Vol. 4, No. 2, (), h. 133-138

Heru Supriyono, Ardhiyatama Nur Saputra, Endah Sudarmilah, dan Ruswa Darsono, 2014. “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis untuk Perangkat Mobile Berbasis Android”, Jurnal Informatika, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, Vol. 8, No. 2, h. 915-920

Irnin Agustina, Dwi Astuti, Ria Asep Sumarni, dan Luhur Saraswati, 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android”, Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, Jakarta Timur: Universitas Indraprasta PGRI., Vol. 3, No. 1, h. 62-67

Joko Kuswanto dan Ferri Radiansah, 2016. “Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI”, Jurnal Media Infotama, Sumatera Selatan: Universitas Baturaja. Vol.14, No.1, h. 16-20

Resti Yektyastuti dan Jaslin Ikhsan, 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA”, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Yogyakarta: UNY. Vol. 2, No. 1, h. 6-13

Resti, 2015 “Penggunaan Smartphone Dikalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau”, Jurnal JOM Fisip, Vol. 2. No.1, h.1- 6

Retno Dian Anggraini dan Rudy Kustijono, 2013. “Pengembangan Media Animasi Fisika pada Materi Cahaya dengan Aplikasi Flash Berbasis Android”, Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Vol. 3, No. 1, h. 10-16

Sri Haryati, “ Research and Development (R & D) Sebagai Salah Satu Model Penilitian Dalam Bidang Pendidikan”, Jurnal FKIP-UTM, Vol. 37, No. 1, (2012), h. 14-16

Sugiyono, 2009. Metode Penilitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D, Bandung: Alfabeta

Wasitohadi, 2015. “Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan”, Jurnal IT, Vol. 20, No. 15, h. 1-8.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i1.13943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0