PEMANFAATAN DAUN SIRIH (Piper Betle) TERHADAP PENGOBATAN GALIGATO (Biduran) PADA MASYARAKAT PESISIR SIBOLGA

Zuraidah Zuraidah, Nurdin Amin, Nur diana

Abstract


Galigato (biduran) atau urtikaria adalah reaksi kulit yang menyebabkan timbulnya bilur berwarna merah atau putih. Bilur yang timbul ini juga disertai dengan rasa gatal. Awalnya, bilur ini muncul hanya di satu bagian tubuh, tapi lama-kelamaan bilur ini akhirnya menyebar. Salah satu penyebab umumnya adalah alergi, tetapi ukuran dan bentuk bilur bisa berbeda-beda. Pengobatan ini biasanya diwariskan dari generasi kegenarasi yang selalu dijaga warga setempat. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan, dan sifat penelitian dalam penelitian ini bersifat deskriptif analisis, yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan suatu objek untuk memahami makna yang terkandung. Sebagai bentuk penelitian ini mengumpulkan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini adalah membahas tentang Pemanfaatan Daun Sirih (Piper betle) terhadap pengobatan Galigato (biduran) Pada Masyarakat Pesisir Sibolga yang menjadi makna dalam masyarakat sibolga pesisir dan penelitian ini dilakukan untuk mengetahuiPemanfaatan Daun Sirih (Piper betle) terhadap pengobatan Galigato (biduran) pada Masyarakat Pesisir Sibolga.

References


Galigato (biduran) atau urtikaria adalah reaksi kulit yang menyebabkan timbulnya bilur berwarna merah atau putih. Bilur yang timbul ini juga disertai dengan rasa gatal. Awalnya, bilur ini muncul hanya di satu bagian tubuh, tapi lama-kelamaan bilur ini akhirnya menyebar. Salah satu penyebab umumnya adalah alergi, tetapi ukuran dan bentuk bilur bisa berbeda-beda. Pengobatan ini biasanya diwariskan dari generasi kegenarasi yang selalu dijaga warga setempat. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan, dan sifat penelitian dalam penelitian ini bersifat deskriptif analisis, yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan suatu objek untuk memahami makna yang terkandung. Sebagai bentuk penelitian ini mengumpulkan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini adalah membahas tentang Pemanfaatan Daun Sirih (Piper betle) terhadap pengobatan Galigato (biduran) Pada Masyarakat Pesisir Sibolga yang menjadi makna dalam masyarakat sibolga pesisir dan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pemanfaatan Daun Sirih (Piper betle) terhadap pengobatan Galigato (biduran) pada Masyarakat Pesisir Sibolga.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i1.14027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0