KEMIRIPAN SERANGGA PERMUKAAN TANAH DIURNAL DAN NOCTURNAL DESA WAQ TOEREN KABUPATEN ACEH TENGAH

Deltama delta, Nifita Maghfirah, Nurul Mauliza, Raihanul Muhsan, Rizky Ahadi

Abstract


Serangga diurnal merupakan serangga yang membutuhkan intensitas cahaya tinggi dan aktif pada siang hari. Serangga nokturnal merupakan serangga yang membutuhkan intensitas cahaya rendah dan aktif pada malam hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemiripan serangga permukaan tanah diurnal dan nocturnal dikawasan desa Waq Toeweren Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini di laksanakan pada tanggal 25 Naret 2022. Penelitian ini menggunakan metode Survey eksploratif dan pengambilan sampel menggunakan fitt fall trap yang dipasangkan pada setiap lokasi penelitian yang berbeda diseputaran Desa Waq Toweren. Hasil Hasil analisis di dapatkan bahwa serangga diurnal dan nocturnal indeks ketidaksamaan 7,3% dan indek kesamaan 92,7%. Family formicidae (semut) kelompok organisme yang sangat banyak.

 


Full Text:

PDF

References


Alrazik, M. U., Jahidin, J., & Damhuri, D. 2017. Keanekaragaman Serangga (Insecta) Subkelas Pterygota di Hutan Nanga-Nanga Papalia. Jurnal Amphibi. Vol. 2. No.1.

. Dina Setiawati,dkk. 2021 “Keanekaragaman Serangga Permukaan Tanah di Kawasan Bukit Gatan Kabupaten Musi Rawas,” Jurnal Biosilampari: Jurnal Biologi. Vol.No.2

Endik Deni Nugroho,dkk.2021. “Keanekaragaman Serangga Diurnal Dan Nocturnal pada Hutan Tanam Kehati Sapen Nusantara ” . Jurnal Biology Education, Vol.3.No.1.

Fadillah Raihan S Harahap,dkk. 2020.”Keanekaragaman Serangga Malam (Nocturnal,Diurnal) di kebun kelapa Sawit PT Cinta Raja”.Jurnal Pertanian Berkelanjutan. Vol.8.No.3.

Jumanta. 2020. Buku Pintar Hewan. Elex Media Komputindo.

M. Alvin Kautsar.2019. “Jenis Serangga Nocturnal Di kebun Botani Kampu FKIP Universitas Sriwijaya Pembelajaran Biologi”.Jurnal Pembelajaran Biologi, Vol.2.No.2

Muhammad Rezza fiqrullah Rehan Taradiphan, dkk.v2019. “Karakteristik Lingkungan terhadap Komunitas Serangga.” Jurnal Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Vol.9. No.2.

Nenggih Susilowati. 2008. Situs dan Objek Arkeologi di Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi NAD. Medan: Balai Arkeologi Medan.

. Rizqi Aulia Nurlaili, dkk.2021.“Identifikasi Serangga Selada Hidroponik sebagai Langkah Awal Penyediaan Sayur Sehat.” Jurnal Biotropic, Vol.4,.No.2.

Tutiliana.2016.”Keanekaragaman Serangga Nocturnal di Kawasan Penyangga eko Ekosistem Hutan Lindung Lueng Angen Iboih”.Jurnal Jesbio, Vol.5.No.2.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i1.14236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0