KOMPOSISI DAN KEANEKARAGAMAN ORDO LEPIDOPTERA DI KAWASAN KEBUN KOPI DESA WAQ TOWEREN KABUPATEN ACEH TENGAH

Rini Marlisa, Sanimah Sanimah, Rizqiatari Asyifa, Riska Akhsani, Gebrina Rahmi, Nurdin Amin

Abstract


Kupu-kupu merupakan serangga bersayap dan termasuk dalam Ordo Lepidoptera (sayap bersisik) dan mempunyai corak serta warna menarik sehingga dapat dengan mudah dikenali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi dan keanekaragaman ordo Lepidoptera di kawasan perkebunan kopi desa Waq Toweren Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini dilakukan di kawasan kebun kopi di Desa Waq Toweren, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini dilakukan dengan survei di sepanjang jalur yang diperkirakan sebagai habitat kupu-kupu dengan metode scan sampling. Teknik analisis data menggunakan rumus Shannon-Weinner, yaitu dengan mencari indeks keanekaragaman. Hasil penelitian menunjukkan komposisi Ordo Lepidoptera ditemukan 328 individu yang terdiri dari 6 famili dan 39spesies. Keanekaragaman Ordo Lepidoptera dikategorikan sedang yaitu Ĥ = 2,46345.


Full Text:

PDF

References


Alfida dkk. 2018. Kupu-Kupu (Rhopalocera) di Kawasan Hutan Kota BNI Banda Aceh. Jurnal Biotik. Vol. 4. No. 2.

Amalia Shalihah, dkk.2013. Kupu-kupu-kupu di Kampus Universitas Pandjadjaran Jatinangor. Bandung: HIMBIO UNPAD.

Bestia Dewi, dkk. 2016. "Keanekaragaman dan Kelimpahan Jenis Kupu-Kupu (Lepidotera: Rhopalocera) di Sekitar Kampus Pinang Masak di Universitas Jambi". Jurnal Biospecies. Vol. 9. No. 2.

Dedi Supriandi. 2020. Indeks Keanekaragaman Ikan Demersal Berdasarkan Perbedaan Jarak Penempatan Rumpon Dasar. Jawa Tengah. Lakeisha.

Djunijanti Peggie. 2006. Panduan Praktis Kupu-Kupu di Kebun Raya Bogor. Bogor. LIPI.

Elya Febrita, Yustina dan Dahmania,2014. “Keanekaragaman Kupu-kupu Di Kawasan Wisata Hapanasan Rokan Hulu Sebagai Sumber Belajar Pada Konsep Keanekaragaman Hayati”. Jurnal Biogenesis. Vol. 10.No. 2.

Iwan Hermawan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan Mixed Methode. Kuningan. Hidayatul Quran Kuningan.

Mariana, dkk. 2016. "Analisis Komposisi dan Struktur Vegetasi Untuk Menentukan Indeks Keanekaragaman di Kawasan Hutan Pekan Baru". Jurnal Bio-Lectura. Vol. 3. No. 2.

Nikmah Milatun. 2021. Keanekaragaman Kupu-Kupu (Lepidoptera: Rhopalecera) di Desa Pulau Panas Kecamatan Tanjung Sakti Pumi Lahat Sumatera Selatan . Jurnal Ilmiah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol. 18. No. 1.

Nofri Sea Mega Sutra, dkk.2012. “Spesies Kupu-kupu di Tanjung Balai Karimun Kabupaten Karimun Kepulauan Riau”. Jurnal Biologi Universitas Andalas.Vol. 1.No.1.

Susilawati. 2010. “Keragaman Lepidoptera Pada Dukuh dan Kebun Di Desa Mandiangin Kabupaten Banjar”.Jurnal Hutan Tropis .Vol. 11.No. 29.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i2.14337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0