PENGELOLAAN LIMBAH SAMPAH SAYURAN MENJADI KOMPOS ORGANIK DI GAMPONG REUDEUP KECAMATAN MONTASIK

hikmah mauliza mauliza

Abstract


Lingkungan sangat penting dalam keberlangsungan makhluk hidup, terutama manusia. Salah satu permasalahan lingkungan yang masih menjadi perhatian serius yaitu sampah. Sampah merupakan sesuatu yang dibuang dan tidak terpakai yang berasal dari kegiatan yang dihasilkan oleh manusia setiap  harinya secara terus menerus  dan  berbentuk padat, sama halnya dengan yang terjadi di Gampong Reudeup dimana sampah dibuang di pinggir jalan hingga menumpuk. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan parameter fisik seperti suhu, bau, warna dan tekstur kompos pada pembuatan kompos dengan bahan baku sampah sayuran sesuai dengan pedoman SNI 19-7030-2004 tentang spesifikasi kompos dari sampah organik. Pelaksanaan Penelitian dilakukan di Gampong Reudeup, Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2022. Pengambilan sampel dilakukan beberapa penjual sayuran di pasar Reudeup, kecamatan montasik. Penelitian ini menggunakan metode experiment. Hasil penelitian menunjukkan pupuk yang berbau busuk dan menyengat karena kurangnya waktu pada proses fermentasi, karena pada saat fermentasi berlangsung mikroba di dalamnya mengalami kompetisi dan pada akhirnya sama-sama mengalami kematian.

 

Kata Kunci: Limbah Sayuran, Pengomposan, Pupuk Organik


Full Text:

PDF

References


Adella Atika Larasati, Septa Indra Puspitawati. Pengolahan Sampah Sayuran menjadi Kompos Dengan Metode Takura. Jurnal Ikesma. Vol. 15. No. 2. 2019.

Badan Standardisasi Nasional. Standar Nasional Indonesia 19-7030-2004 Spesifikasi Limbah Domestik. 2004.

Bangkit Arihat desy, dkk. Pemanfaatan Limbah Sayuran Sebagai Bahan Baku Pembuatan Pupuk Cair dan Pupuk Kompos. Jurnal Panamas Adi Buana. Vol. 2, No. 2, 2019.

Dyah Rini Indrianti, dkk. Pengolahan Limbah Organik Sampah Pasar menjadi Kompos. Jurnal ABDIMAS, vol.19, No. 1, juni 2015.

Murbandono Hs L. Membuat Kompos Edisi Revisi. Jakarta : Penebar Swadaya.

Hartono Rudi, Penanganan Pengolahan Sampah. Jakarta: Penebar Swadaya.

Payadnya, Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish. 2018.

Rohim Miftahur. Teknologi Tepat Guna Pengolahan Sampah. Jawa timur: Qiara Media. 2020.

Sudrajat. Mengolah Sampah Kota. Jakarta : Penebar Swadaya.

Wellang, R. M., Hatta, M. P. Studi Kelayakan Kompos Menggunakan Variasi Bioaktivator (EM4 dan Ragi). 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i2.14414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0