STRUKTUR KOMUNITAS TUMBUHAN HERBA DI KEBUN KOPI DI DESA TOWEREN ANTARA KABUPATEN ACEH TENGAH

Shanti Wardila, Shinta Syafira, Zahratun Raihan, Elsie Nurlidza Razma, Nurdin Amin

Abstract


Tumbuhan herba adalah tumbuhan yang berbatang lunak (batangnya tidak berkayu). Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat struktur komunitas tumbuhan herba di kebun kopi di desaToweren Antara Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini di lakukan di Kebun Kopi di Desa Toweren Antara Kabupaten Aceh Tengah pada Maret 2022. Rancangan penelitian menggunakan metode jelajah dan pengambilan sampel dengan Teknik pembuatan petak kuadrat secara purposive sampling. Lokasi penelitian di bawah tegakan vegetasi kopi. Spesies herba yang terdapat dikebun kopi desa Toeren antara kecamatan Lut Tawar sebanyak 37 spesies dari 19 famili dan jumlah individu 622. Tingkat keanekaragaman spesies herba yang terdapat di kawasan gunung Desa Wak Toeren Kecamatan Lok Tawar, Kab Aceh Tengah termasuk kedalam katagori tinggi. Nilai kerapatan tumbuhan herba yang diihat dari kerapatan mutlak tertinggi adalah (gower) Commelina banghelensis 13,75 dan nilai kerapatan relatife 35,36977. Nilai frekuensi mutlak tertinggi adalah Commelina banghelensis 0,1875 dan nilai frekuensi relative yaitu 5,172414. Indeks keanekaragaman herba yang ada di kebun kopi sebanyak 2,57815 yang menandakan bahwa keanekaragaman tanaman herba di kebun kopi dalam katagori sedang.


Full Text:

PDF

References


Ayutika Krishidaya, Dkk. 2022. “Etnobotani Tumbuhan Liar Di Bawah Naungan Kopi (Coffea Sp.) Pada Perkebunan Kopi Di Dusun Kerajan, Desa Jambuwer, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang”. Jurnal Sciscitatio. Vol3. No.1.

Ch. Hendrix, Arnold., Dkk. 2018. “Keanekaragaman Tumbuhan Herba Di Taman Wisata Alam Buatama Desa Buatama Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang”. Jurnal Pendidikan Dan Sains Biologi. Vol. 1. No. 3.

Diana, Rita,Dkk. 2021. Ekologi Tumbhan Herba Dan Liana. Malang: CV. Pustaka Learning Center.

Eurika, Novi, dkk. 2019. “Tumbuhan Herba Berpotensi Obat Di Kawasan RPH Sumber Jati”. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi. Vol. 4. No. 2.

Lafare, Baktiar, dkk. 2018. “Komposisi Jenis Tumbuhan Herba Pada Hutan Pergunungan Di Sekitar Danau Kalimpa, Kawasan Taman Nasional Lore Lindu Sulawesi Tengah”. Jurnal Biocelebes. Vol. 12. No.3.

Samsari, Dkk. 2017. “Inventarisasi Spesies Tumbuhan Herba Di Kawasan Sarah Leupung Kabupaten Acehh Besar Sebagai Penunjang Praktikum Tumbuhan Tinggi”. Jurnal Edubio Tropikal. Vol. 5. No. 2.

Wiharto, Muhammad. 2012. “Penetuan Struktur Vegetasi Tumbuhan Herba Dengan Menggunakan Program R”. Jurnal Bionature. Vol. 13. No. 1.

Yusra, Dkk. 2017. “Struktur Komunitas Tumbuhan Herba Di Bawah Tegakan Pinus (Pinus mercusii) Di Tahura Pocut Meurah Intan”. Prosiding Seminar Nasional Biotik 2017. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Yuskianti, Vivi., Dkk. 2019. Keanekaragaman Dan Potensi Vergetasi Herba Di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Kaliurang Yokyakarta Sebagai Obat Obatan”. Jurnal WASIAN. Vol. 6. No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i2.14415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0