PEMANFAATAN APOTEK HIDUP PADA MASYARAKAT DESA PAYA KEC. KLUET TIMUR KAB. ACEH SELATAN

Aflaiyah Aflaiyah, Zuraidah Zuraidah, Qatrun Nida, Mulyadi Mulyadi, Syarifah Syifa Fahira

Abstract


Desa Paya Dapur merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan. Desa Paya Dapur tepatnya di samping kantor desa, memiliki lahan tanah yang dahulu tempat taman tanaman, tetapi sekarang lahan tersebut tidak dijaga dan tidak dirawat, akan tetapi dibiarkan terbengkalai begitu saja hingga ditumbuhi rumput-rumput dan semak. Masalah yang sering muncul dalam kehidupan yaitu mengenai masalah lahan. Salah satu cara yang dapat dilakukan dari masalah lahan tersebut adalah dengan cara pemanfaatan lahan kosong dengan pembuatan lahan apotek hidup yang bermanfaat bagi masyarakat. Maka dari hal itu, penelitian ini terintegrasi dengan pelaksanaan KPM DRI 4. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan apotek hidup pada masyarakat dengan memanfaatkan lahan kosong yang ditanami tanaman herbal. Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian kualitatifnya, yaitu penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman herbal memiliki manfaat untuk kesehatan baik itu dapat dikonsumsi maupun tidak dapat dikonsumsi. Jenis tanaman herbal yang ditanamn di lahan apotek hidup diantaranya: kencur, serai, kunyit gajah, cocor bebek, nilam, kemangi, seruni, lidah mertua, cirik babi dan jahe. Manfaat tumbuhan herbal ini mulai dari mencegah sampai dengan mengobati penyakit. Cara menggunakan tanaman herbal ini sebagai obat dapat dengan dimakan, diminum, ditempelkan, dimandikan dan dengan dihirup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan pemanfaatan apotek hidup yang memanfaatkan lahan kosong dengan cara penanaman tanaman herbal. Maka lahan tersebut menjadi lahan yang berproduktif dan tanaman herbal yang ditanampun memiliki manfaat untuk kesehatan, baik itu mencegah maupun mengobati penyakit.

Kata kunci: Apotek Hidup, Manfaat Tanaman Herbal, Pemanfaatan Lahan.


Full Text:

PDF

References


Ernawati, Lia. 2019. Hidup Sehat dengan Toga (Tanaman Obat Keluarga). Yogyakarta: Laksana.

Hidayat, Aziz Alimatul. 2007. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Surabaya: Salemba Medika.

Hidayatulloh, Amir, dkk. 2018. “Pembudidayaan Tanaman Apotik Hidup Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat: 2 (2).

Kurniawati. 2010. Sehat dan Cantik Alami Berkat Khasiat Bumbu Dapur. Bandung: Mizan Pustaka.

Mulyani, Hesti, Sri Harti Widyastuti dan Venny Indria Ekowati. 2016. Tumbuhan Herbal Sebagai Jamu Pengobatan Tradisional Terhadap Penyakit dalam Serat Primbon Jampi Jawi Jilid I. Jurnal Penelitian Humaniora: (2) 75.

Natasha, Mike Indah. 2016. Pemanfaatan Lahan Terlantar dalam Upaya Mendukung Ketahanan Pangan (Tinjauan Hukum Positif Indonesia dan Hukum Islam). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ramdhan, Muhammad. 2021. Motode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Sitawati, dkk. 2019. Urban Farming Untuk Ketahanan Pangan. Malang: UB Press.

Yulianto, Susilo. 2017. Penggunaan Tanaman Herbal untuk Kesehatan. Jurnal Kebidanan dan Kesehatan Tradisional: (1) 2.

Zakie, Mukmin. 2013. Kewenangan Negara dalam Pengadaan Tanah bagi Kepentingan Umum di Indonesia dan Malaysia. Yogyakarta: Mata Padi Pressindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i2.14420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0