AKTIVITAS SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DI KELAS X SMAN UNGGUL DARUSSA’ADAH KLUET RAYA

Rauzah Rauzah, Nurlia Zahara, Nurdin Amin

Abstract


Proses pembelajaran di SMAN Unggul Darussa’adah Kluet Raya dilakukan secara luring atau tatap muka dengan cara menjelaskan materi dan menampilkan beberapa gambar tentang materi yang bersangkutan, selain itu siswa juga mengeluh bahwa sulit untuk memahami materi yang bersangkutan dengan tumbuhan sehingga pada setiap materi yang diajarkan terdapat salah satu kendala yaitu rendahnya hasil belajar dan tingkat aktifitas siswa. Salah satu alternatif yang dapat diterapkan adalah dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktifitas siswa kelas X SMAN Unggul Darussa’adah Kluet Raya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) yaitu penelitian eksperimen yang digunakan pada satu kelompok saja yang dinamakan kelompok eksperimen tanpa ada kelompok kontrol dengan populasi seluruh kelas X SMAN Unggul Darussa’adah Kluet Raya, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 14 orang siswa disebut juga dengan total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data rata-rata hasil belajar meningkat. Analisis aktivitas siswa dapat dketahui bahwa tingkat aktifitas siswa diperoleh 83,6% dengan demikian tingkat keaktifan siswa termasuk dalam ketegori baik sekali.


Full Text:

PDF

References


Ahdar Djamaluddin. Dkk. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV. KHAAFFAAH LEARNING CENTER.

Hamalik. (2003). Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsino.

Muhammad Rizqianto Fauzi. Dkk. (2017). “Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Tunagrahita”. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 4. No.1.

Rohati. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) Terhadap Aktivitas Siswa Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, Vol 8, No1.

Sardiman A.M. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja.

Yudhi Munadi. (2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada.

Zumi Hanifa. Dkk. (2010). Upaya Meningkatkan Oral Activities dan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri I Salam Melalui Model Problem Based Learning pada Tema Pencemaran Air. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i1.14428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0