Pengaruh Warna Lampu Terhadap Kehadiran Serangga Nokturnal di Kawasan Pesisir Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah

Eva Rosalina MZ, Nadya Bachtiar, Muda Mustari

Abstract


Light trap merupakan perangkap yang digunakan untuk menarik stadia imago dari serangga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh warna lampu terhadap kehadiran serangga nokturnal di kawasan pesisir Lut Tawar kabupaten Aceh tengah. Penelitian ini dilaksanakan di kawasan pesisir Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah, yang dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2022. Penelitian ini menggunakan metode dengan cara perangkap cahaya (Light trap) dengan lampu yang berbeda-beda yaitu merah, biru, putih dan kuning. Hasil analisis didapatkaan bahwa serangga nokturnal di kawasan pesisir Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah yang paling banyak ditemukan yaitu pada light trap dengan lampu berwarna kuning yang berjumlah 7 spesies dari 5 famili. Perbedaan pengaruh warna lampu terhadap kehadiran serangga noktunal dipengaruhi oleh suhu dan kelembaban.


Full Text:

XML

References


Adelyn, dkk. 2017. “Pengaruh Light Trap di Terhadap keberadaan serangga malam di hutan Universitas Borneo Tarakan, North Kalimantan”. Jurnal Universitas Borneo tarakan. 1(1)

Afitah, dkk. 2020. “Strategi Adaptasi Retina Mata Hewan Nokturnal Terhadap Kemampuannya Melihat dalam Gelap”. Jurnal Pendidikan Biologi. 1(2)

Annisa Faradila. dkk. 2020. “Keberadaan Serangga Malam Berdasarkan Efek Warna Lampu Di Kebun Raya Liwa”. Jurnal Bioma. 22(2)

Devi Maila Sari, dkk. 2018. “Keanekaragaman Jenis Ikan Di Danau Lut Tawar Kbupated Aceh Tengah”. Jurnal Biotik. 6(1)

Ernawati, S., Andi, N., Natsir, N., dan Julaili Irni, dkk. 2021. “Inventarisasi Serangga Malam (Nocturnal) pada Lahan Konversi Teh Menjadi Kelapa Sawit”. Jurnal Agroprimatech. 5 (1)

Fadillah Raihan, dkk. 2020. “Keanekaragaman Serangga Malam (Nokturnal) Di Kebun Kelaoa Sawit PT. Cinta Raja”. Jurnal Pertanian Berkelanjutan. 8(3)

Faradilla.dkk. 2020. “Keberadaan Serangga Malam Berdasarkan Efek Warna Lampu di Kebun Raya Liwa”. Jurnal Biomal. 2(2)

Lisa Fatmala., dkk. 2016. “Keanekaragaman Serangga Nokturnal di Kawasan Hutan Sekunder Rinon Polo Aceh Breuh Aceh Besar”. Jurnal Biotik. 4(1)

Sri Wahyuni. dkk. 2022. “Penerapan Teknologi Light Trap Pada Pertanaman Padi Di Desa Detusoko Barat Nusa Tenggara Timur”. Jurnal Masyarakat Mandiri. 6(1)

Tutuliana. 2016. “ Kenakeragaman Serangga Nokturnal di Kawasan Penyangga Ekosistem Hutan Lindung Lueng Angen Iboih. Jesbio. 5(2)




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i2.14447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0