SPESIES BURUNG PREDATOR SERANGGA DI KAWASAN PESISIR PANTAI KECAMATAN SAWANG ACEH SELATAN

Riski Ananda, Samsul Kamal, Cut Ratna Dewi

Abstract


Penelitian tentang “Keanekaragaman Burung Predator Serangga di Kawasan Pesisir Pantai Kecamatan Sawang Aceh Selatan” Bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman burung predator serangga yang terdapat di kawasan pesisir pantai Kecamatan Sawang Aceh Selatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode titik hitung. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung pada objek penelitian. Pengumpulan data mulai dari pukul 06.30 s.d 09.30 WIB, dan dilanjutkan pada sore hari pukul 16.00 s.d 18.00 WIB. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah jumlah spesies dan jumlah individu burung predator serangga di kawasan pesisir pantai Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Hasil penelitian diketahui bahwa di kawasan pesisir kecamatan sawang Aceh Selatan terdapat 13 spesies yang tergolong dalam 7 famili. Terdapat 1 spesies yang tergolong kedalam status konservasi satwa yang dilindungi pemerintah berdasarkan peraturan pemerintah Nomor 7 tahun 1999.


Full Text:

PDF

References


Alikodra, H. S. 1986. Pengelolaan Habitat Satwa Liar. IPB: Bogor.

Biby, C, M. Jones dan S. Marsden. 2000. Tekhnik-tekhnik Ekspedisi Lapangan: Survey Burung. BirdLife International-IPB. Bogor.

Jhon MacKinnon, dkk. 2007. Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan, Jakarta: LIPI.

Kamal. S, dkk. 2015. Spesies Burung Predator Serangga di Kawasan Kompelma Darussalam. Jurnal Proseding Senimar Nasional Biotik. Vol. 5. Nol. 9.

Kamal. S, dkk. 2018. Keanekaragaman Spesies Burung Pada Beberapa Tipe Habitat di Kawasan Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan. Jurnal Proseding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. Vol. 2. No. 8.

Kamal. S, dkk. 2019. Spesies Burung Famili Bucerotidae Pada Ekosistem Tahura Pocut Meurah Intan Seabagai Materi pendukung Mata Kuliah Ekologi. Jurnal Biotik. Vol. 7. No. 1.

Wisnubudi G. 2009. Penggunaan Strata Vegetasi oleh Burung di Kawasan Wisata Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, Jurnal, Vol. 02, No.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i2.14458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0