Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Pada Materi Sistem Pernapasan di SMA 7 Banda Aceh

Astri Medianti Dewi, Anton Widyanto, Rizky Ahadi

Abstract


Pengaruh Perkembangan teknologi yang semakin pesat di era sekarang tentunya memberikan suasana baru pada bidang pendidikan. Pendidikan dapat diartikan sebagai kegiatan proses belajar mengajar antara pendidik dan peserta didik. Salah satu pemanfaatan teknologi didalam pendidikan ialah sebagai media digital yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui respon siswa terhadap suatu media pembelajaran berbasis teknologi berupa lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) dengan menggunakan aplikasi Flip PDF Professional. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar respon peserta didik. Analis data untuk hasil respon menggunakan rumus persentase. Hasil respon peserta didik memperoleh persentase penilaian sebesar 93.29% dengan kriteria sangat menarik. Berdasarkan respon siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-LKPD sudah sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran biologi.

Full Text:

PDF

References


Agustha, Aulia, dkk. 2021. Pengembangan E-Lkpd Berbasis Discovery Learning Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extended Pada Materi Kesetimbangan Ion Dan Ph Larutan Garam Untuk Kelas Xi Sma/Ma Sederajat. Journal of Research and Education Chemistry (JREC). Vol. 3. No. 1.

Ernawati, Iis, Totok Sukardiyono. 2017. “Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server” Jurnal Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education). Vol. 2. No. 2.

Lestari, Dyah Dwi dan Muslich. 2021. E-Lkpd Berorientasi Contextual Teaching And Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. Vol. 5. No. 1.

Miqro Dkk. 2021. “Efektivitas LKPD Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Untuk Guru Di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan”, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. Vol. 4. No. 2.

Mushlihah, Kunni, Yetri dan Yuberti. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multi Representasi Bermuatan Sains Keislaman Dengan Output Instagram Pada Materi Hukum Newton”. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Educations, Vol. 1. No. 3.

Observasi pada tanggal 04 maret 2021. Di Ruangan Laboratorium Pendidikan Biologi SMAN 7 Banda Aceh.

Riyadi, Beli, Chandra Ertikanto, Agus Suyatna. 2018. “The Analysys And Desaign Of Guided Inquiry R-Worksheet Based To Develop High Order Thinking Skills”. Internasional Journal of Research Granthaalayah. Vol. 6. No. 7.

Rizkiah, Alin Wahyu, Dkk. 2018. “LKPD Discussion Activity Terintegrasi Keislaman dengan Pendekatan Pictorial Riddle Pada Materi Pecahan”. Jurnal Matematika. Vol. 1. No. 1.

Savitri, Dkk. 2016. “Respon Siswa Terhadap E-comic Bilingual Saluran dan Kelenjar Pencernaan”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 5, No. 8.

Siagian, Gunaria, dkk. 2022. Pengembangan E-Lkpd Berbasis Etnosains Untuk Melatih Keterampilan Literasi Sains Pada Materi Zat Makanan. Vol. 2. No. 2.

Wahyuningsih, A. N. 2011. “Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R”, Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 1, No. 2.

Wawancara bersama guru biologi pada tanggal 04 maret 2021. di Ruangan Guru SMAN 7 Banda Aceh.

Yuberti. 2015. “Peran Teknologi Pendidikan Islam Pada Era Global”. Jurnal Akademika Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung. Vol. 02. No. 01.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i2.14512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0