UPAYA PEMANFAATAN PERKARANGAN RUMAH WARGA UNTUK BUDIDAYA SAYURAN (KANGKUNG) SEBAGAI PENYEDIA PANGAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA COT LAMME, KEC. KUTA BARO, KAB. ACEH BESAR

Muna Ruslia, Mutiara Mutiara, Putri Balqis, Muslich Hidayat

Abstract


ABSTRAK

Di masa pandemi Covid-19 ini, ada begitu banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga keluarga dengan mempersiapkan ketersediaan pangan secara mandiri dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Salah satu bentuk pemanfaatan pekarangan rumah untuk budidaya tanaman seperti contohnya sayuran kangkung. Di Desa cot lamme Kecamatan kuta baro, Kabupaten Aceh Besar, sebagian masyarakatnya sudah memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya, namun belum maksimal pemanfaatannya. Maka melalui kegiatan penyuluhan, diharapkan dapat memberikan dorongan serta motivasi untuk lebih memaksimalkan fungsi pekarangan rumah untuk menanam tanaman sebagai wujud pemenuhan ketersediaan pangan selama masa pandemi Covid-19. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu pengamatan, wawancara, Observasi dan penyuluhan yang dilakukan secara langsung kelokasi. Hasil yang dicapai yaitu Masyarakat memberikan respon positif dengan adanya kegiatan penyuluhan yang dilakukan secara langsung. Masyarakat lebih mengerti tentang bagaimana cara pemanfaatan pekarangan rumah supaya menjadi lebih berguna dengan berbagai cara, contohnya hidroponik

 


Full Text:

PDF

References


Ashari, Saptana, Purwanti, TB. (2012). Potensi dan Prospek Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Mendukung Ketahanan Pangan. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 30 (1)

Ayuningtyas, C.E., Jatmika, S. E. D. 2002. Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Meningkatkan Gizi Keluarga. Yogyakarta: K-Media.

Nurwati, N., Surtinah, Amalia. (2015). Analisis Pemanfaatan Pekarangan untuk Mendukung Ketahanan Pangan di Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Pertanian, 11(2)

Pasir S., Hakim, MS. (2014). Penyuluhan Penanaman Sayuran dengan Media Polibag. Jurnal Inov dan Kewirausahaan, 3(3)

Pujiastuti, E. 2017. 29 Teknik Urban Farming. I. (Apriyani RN, ed) Depok: PT Trubus Swadaya.

Sismihardjo. (2008). Kajian agronomis tanaman buah dan sayuran pada struktur agroforestri pekarangan di wilayah Bogor, Puncak dan Cianjur (Studi kasus di DAS Ciliwung dan DAS Cianjur). Tesis. Program Studi Agronomi, Sekolah Pascasarjana.Institut Pertanian bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i2.14532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0