PEMANFAATAN MEDIA ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MTsN PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN

Nafisah Hanim, Badriati Abdiah, Raihanul Muhsan

Abstract


Proses pembelajaran adalah proses yang di dalamnya terdapat kegiatan interaksi antara guru dengan siswa dan komunikasi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan belajar. Proses pembelajaran di MTsN Mardhatillah Kota Subulussalam sudah berjalan dengan baik, namun hasil belajar siswa masih kurang, salah satu faktornya adalah kurang bervariasinya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Tujuan Penelitian menganalisis hasil belajar siswa melalui penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen tipe quasi eksperimen dengan desain one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 3 kelas, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII b yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah soal Multiple Choice. Analisa data dengan menggunakan rumus uji Normalitas Gain (N-Gain). Hasil penelitian pemanfaatan media alat peraga pada materi sistem pernapasan yaitu nilai rata-rata nilai pretest 35,93 dan nilai rata-rata postest 80,26 dengan nilai N-gain 0,7 kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa media alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan.

Full Text:

PDF

References


Anni CT. Rifa’i A, dkk. 2005. Psikologi Belajar. Semarang

Faisal. 2011. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Nonci M. Uki. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT

Berbantuan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia”. Jurnal Pembelajaran Biologi. Vol.6. No.2

Nurfa Anung Anidityas, dkk. 2012. “Penggunaan Alat Peraga Sistem Pernapasan

Manusia Pada Kualitas Belajar Siswa Smp Kelas VIII”. Unnes Science Education Journal. Vol.1. No.2

Manzilatusita U. 2007. Pemberian motivasi guru dalam pembelajaran. Jurnal pendidikan

​dan budaya Educare. Vol.1. No.5

Rahma Wati dan Melisa. 2016. “Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Bermedia

​Power Point terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi pada Manusia Kelas VIII SMPN 4 Bireun”. Jurnal Jesbio. Vol.5. No.1

Rustaman. A. 2001. Keterampilan Bertanya dalam Pembelajaran IPA. Dalam Hand

Out Bahan Pelatihan Guru-guru IPA SLTP se Kota Bandung di PPG IPA. Depdiknas

Sitepu. 2014. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta : Rajawali Press

Sudjana N. 2000. CBSA Dasar-dasar Proses Mengajar. Bandung: PT Sinar Baru

​Algeandra

Oemar Hamalik. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i1.14698

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i2.14698.g7212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0