KELAYAKAN MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII MTSN 4 ACEH SELATAN

Authors

  • Rafi Quddus ProgramStudiPendidikanBiologiFTK UIN Ar-Raniry BandaAceh
  • Wati Oviana ProgramStudiPendidikanBiologiFTK UIN Ar-Raniry BandaAceh
  • Cut Ratna Dewi ProgramStudiPendidikanBiologiFTK UIN Ar-Raniry BandaAceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/pbio.v10i2.15237

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan media komik pembelajaran pada materi sistem ekskresi manusia kelas VIII MTsN 4 Aceh selatan. Subjek penelitian ini adalah 1 orang dosen Program Studi Pendidikan Biologi, 1 orang dosen Program Studi Informatika dan 2 orang guru mata pelajaran IPA MTsN sebagai ahli media dan ahli materi. Rancangan penelitian ini menggunakan metode Reseachand Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi media dan materi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media komik yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan pendidik dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran, dengan hasil validasi aspek ahli media 96,7% dan aspek materi 88% dengan kategori sangat layak.

References

Ahmad Rohani. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Ambaryani dan Gameliel Septian Airlanda. 2017. “Pengembangan Media Komik Untuk Efektifitas Dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik”. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi. Vol.3. No.1

Daryanto. 2010. Media Pembelaran. Yogyakarta: Grava Media

Lis ernawati dan Totok Sukardiyono. 2017. “Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Administasi server”. Jurnal Elinvo. Vol.2. No.2

Mustofa Abi Hamid, Dkk. 2020. Media pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis

Nunu Nahnun. 2012. “Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya Dalam Pembelajaran”. Jurnal Pemikiran Islam. Vol.37. No.1

Downloads

Published

2022-10-10