RESPON SISWA TERHADAP MODUL INOVATIF BERBASIS QR CODE TECHNOLOGY PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Authors

  • Harizki Ananda Putra Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Rizky Ahadi Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Nurlia Zahara Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/pbio.v10i2.15337

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk Melihat respon peserta didik terhadap Modul Inovatif Berbasis Qr Code Technology. Rancangan penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Borg and Gall. Tahapan model Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukan bahwa respon peserta didik terhadap modul inovatif berbasis Qr Code technology mendapat hasil persentase 89% dengan kriteria sangat Baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Modul Inovatif Berbasis Qr Code Technology pada Materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 3 Putra Bangsa sangat layak digunakan sebagai Bahan ajar pendukung dalam proses pembelajaran.

References

Ataji,H,M,K dkk (2019).”Pengembangan Modul Berbasis Qr Code Technology Technology pada Materi Sistem Reproduksi Manusia dengan Terintegrasi kepada Al-Quran dan Hadist sebagai Sumber Belajar Biologi Kelas XI SMAN 1 Punggur”.Jurnal Biodusiana.1(4).

Chrisyarani, D, D., Yasa, A, D. (2018). Validasi Modul Pembelajaran Materi dan Dasar Tematik Berbasis PTK. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 8 (2).

Chairiah, Silalahi, A, & Hutabara t, W. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Materi Larutan Asam dan Basa Berbasis Chemo-Edutaimen untuk siswa SMK TI Kelas XI. Jurnal pendidikan kimia, 8 (2).

Irma,dkk.(2019).”Pengembangan Bahan Ajar Teknologi Pembelajaraan Berbasis Web-Blog pada Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar”.Jurnal Inspirasi Pendidikan.8(2).

Lasmiyati, & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat. Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (2).

Setiyadi,M.W,dkk.(2017).”Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”.Journal of Education Science and Technology.3(2).

Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-10-10