ALAT PERAGA FOTOSINTESIS

Tardilla Zalianti, Cut Ratna Dewi, Nurdin Amin

Abstract


Alat peraga pengajaran adalah alat-alat yang digunakan pendidik ketika mengajar untuk membantu memperjelas materi pelajaran yang disampaikannya kepada peserta didik dan mencegah terjadinya verbalisme pada diri peserta didik. Alat peraga biologi, yaitu benda atau alat untuk menerangkan atau mewujudkan konsep biologi. Atau bisa juga dikatakan bahwa alat peraga adalah alat (benda) yang digunakan untuk memperagakan fakta, konsep, prinsip, atau prosedur tertentu agar tampak lebih nyata atau konkrit.  Alat peraga juga berkaitan erat dengan proses praktikum yang berlangsung di laboratorium, salah satunya praktikum materi fotosintesis. Namun, ketersediaan alat praktikum untuk fotosintesis sangat minim, dan penggunaannya terlalu sulit sehingga kurang efektif, misalnya untuk mengukur jarak lampu dan sampel yang harus dilakukan secara manual, dan salah satu alatnya yaitu lampu terpisah. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan rancangan pengembangan alat peraga fotosintesis pada praktikum fisiologi tumbuhan. Hasil penilitian diperoleh bahwa pengembangan alat peraga fotosintesis maka dapat ditarik kesimpulan pengembangan alat peraga fotosintesis sebagai penunjang praktikum fisiologi tumbuhan berlangsung sebanyak 4 tahap.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada..

Danim, S. 2013. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto, D. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Harahap, N. 2019. Pengembangan Alat Peraga Kit Uji Fotosintesis untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII-6 Di MTsN 1 Banda Aceh Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Bioilmi. Vol. 5, No. 1.

Jamzuri. 2007. Desain dan Pembuatan Alat Peraga IPA. Jakarta: Universitas Terbuka..

Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan. Vol. 1. No. 2.

Lupitasar, D. 2020. Pengaruh Cahaya dan Suhu Berdasarkan Karakter Fotosintesis Ceratophyllum demersum sebagai Agen Fitoremediasi. Jurnal Kartika Kimia. Vol. 3, No. 1.

Maydiantor, A. Model-Model Penelitian Pengembangan (Research And Development) , di Kabupaten Malang Bagian Timur. Malang: UIN Malang.

Miftah, M. 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan

Sadiman, A.S. 2012. Media Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sumarno, A. 2012. Penelitian Kausalita Komparatif. Surabaya: Elearningunesa.

Widiyatmoko. A. 2013. Pengambangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Menggunakan Pendekatan Humanisti Berbantu alat peraga murah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i2.15350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0