PENGARUH MEDIA KAHOOT TERAHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMKS DARUL IHSAN ACEH BESAR

Mukhlis Mukhlis, Yusran Yusran, Basrul Basrul

Abstract


Perkembangan teknologi secara global membuat pengaruh posistih bagi dunia pendidikan. Media Kahoot merupakan salah satu aplikasi pembelajaran online berbasis game. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan media Kahoot terhadap minat belajar siswa di SMKS Darul Ihsan Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dimana penelitian ini akan menghitung perbandingan dari data pretest dan posttest. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan hasil belajar setelah menggunakan media Kahoot , hal ini di lihat dari hasil nilai pretest dan nilai posttest. Di mana nilai rata-rata nilai dari prestest adalah 65.8 sedangkan untuk nilai hasil posttest adalah 90.08. Sedangkan dari hasil pengujian hipotesis dari tabel test statistics pada pengujian hipotesis menunjukkan hasil nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.396. Sehingga dari nilai tersebut dapat dilihat bahwa H0 diterima karena nilai signifikansi hasil uji mann whitney lebih kecil dari pada nilai r tabel. Oleh karena itu dapat di simpulkan bahwa penggunaan media Kahoot dalam proses belajar mengajar mampu meningkatkan minat belajar siswa di Smks Darul Ihsan Aceh Besar

Full Text:

PDF

References


Albertus Hariwangsa Panuluh. 2020. Otomatisasi Eksperimen Interferensi Tiga Celah.Vol.17. No. 2.

Carmelia Chintia Sari. 2020. Pengaruh Motivasi Belajar Teman Sebaya, Dan Dukungan Orang Tuan Terhadap Keberhasisan Belajar Siswa Kelas Ix Smk Negeri 1 Depok. Vol. 30. No.2.

Jamiludin, Darnawati. 2020. Pelatihan Media Kahoot Pada Guru Dalam Proses Evaluasi Belajar.

Sri Wigati. 2019. Penggunaan Media Game Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar Matematika. Vol. 28. No. 1.

Nur Hafidhotul Ilmiyah, Meini Sondang Sumbawati. 2019. Pengaruh Media Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa.

Nunung Supriadi, Destyanisa Tazkiyah, Zuyinatul Isro. 2019. “Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Bahasa Mandarin Berbasis Kearifan Lokal Di Purwokerto”.

Suyidno, Zainuddin. 2019. Pelatihan Media Berbasis E-learning Menggunakan Kahoot Untuk Guru Fisika.

Khabidin. 2019. Efektifitas Penerapan Aplikasi Kahoot Dalam Mengkondisikan Kelas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pagentan Kabupaten Banjarnegara. Vol. 4.

Halimatus Solikah. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teks Persuasif Kelas Viii Di Smpn 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019/2020.

Lusiana Rosalina, Junaidi Junaidi. 2020. Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajarn Sosiologi Kelas Xii Ips Di Sma Negeri 5 Padang. Vol. 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i2.15394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0