PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS DIAGRAM ROUNDHOUSE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI MAS BABUNNAJAH

Fatemah Rosma, Mauizah Hasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan modul diagram Roundhouse dalam memotivasi belajar peserta didik. Pengambilan data dilakukan pada Bulan Juli 2022. Metode penelitian merupakan eksperimen dengan desain One Group Pretest-posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 30 peserta didik. Instrumen penelitian berupa modul diagram roundhouse untuk melihat pemahaman kognitif peserta didik dan angket motivasi belajar untuk melihat hasil motivasi belajar peserta didik. Analisis data menggunakan Uji Independent Sample t-test pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul diagram roundhouse dengan nilai thitung (2,358) > ttabel  (2,000). Sedangkan motivasi belajar peserta didik dengan nilai thitung (6,104) > ttabel  (2,000). Aspek motivasi belajar tertinggi pada indikator relevansi dengan nilai 2,25. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul diagram Roundhouse dapat memotivasi belajar peserta didik di MAS Babbunajah.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Pengembangan Bahan Ajar. Materi Sosialisasi dan Pelatihan KTSP. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Keller, J.M. & Keller, B.H. 2000. “Motivational Delivery Cheklist”. Florida: State University.

Nilasari, Efi, dkk. 2016 “Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol. 1. No. 6. Hal: 1399-1404.

Safitri, Ida., dan Elisa, Putri. 2018. “Penerapan Pembelajaran Diagram Roundhouse disertai Modul untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan di SMP Negeri 1 Muara Batu”. JESBIO. Vo. 2. No. 2. Hal: 36-39.

Santyasa, I Wayan. 2009. Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Makalah Disajikan dalam Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK Tanggal 12-14 Januari 2009, Di Kecamatan Nusa Penida kabupaten Klungkung.

Sudijono, Anas. 2015. “Pengantar Statistik Pendidikan”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2014. “ Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Tjiptiany, E, dkk. 2016. “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri untuk Membantu Siswa SMA Kelas X dalam Memahami Materi Peluang”. Jurnal Pendidikan: Teori, Jurnal Penelitian dan Pengembangan. Vol. 1. No. 10. Hal: 1938-1942.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1.

Wanderse, J., dan Ward, R. 2002. “Struggling to Understan Abstract Science Topics: a Roundhouse Diagram Based Study”. International Journal of Science Education. Vol. 24. No. 6. Hal 142-150.

Wening dan Sudirmiatin. 2010. “Pengembangan Modul Kewirausahaan”. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 17. No. 2. Hal 153-157.

Wibowo, Y. 2012. “Pengaruh Pembelajaran Diagram Roundhouse terhadap Kemampuan Kognitif dan Metakognitif Siswa SMAN 1 Ngaglik Sleman Yogyakarta”. Jurnal Bioedukasi. Vol. 5. No. 2 Hal: 39-49.

Wulandari, Devy, Dyah., dkk. 2020. “ Penerapan E-Modul Interaktif terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X”. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha. Vol. 7. No. 2 . Hal 66-80.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i2.15411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0