DISTRIBUSI DAN PELAYANAN DARAH DI UDD PMI KOTA BANDA ACEH

Syarifah Balqist Syifa, Widya Sari

Abstract


Palang Merah Indonesia (PMI) adalah sebuah organisasi yang memiliki tugas dalam hal kemanusiaan dan salah satu fungsinya adalah pelayanan darah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui data permintaan dan pengeluaran darah serta metode pengujian golongan darah maupun uji silang serasi yang dilakukan (Unit Donor Darah) UDD PMI Banda Aceh dalam melayani permintaan darah.  Informasi dapat diperoleh melalui metode observasi dan wawancara, selanjutnya data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permintaan dan pengeluaran darah untuk Rumah Sakit tanpa Bank Darah Rumah Sakit (non-BDRS) sejak Februari hingga pertengahan Mei 2023 mencapai 444 permintaan dengan total 818 kolf darah yang dikeluarkan. Pelayanan darah meliputi permintaan darah donor untuk pasien, baik oleh Rumah Sakit yang mempunyai BDRS maupun non-BDRS. PMI melayani permintaan darah untuk Rumah Sakit BDRS yang dilakukan dengan sistem dropping. Permintaan darah untuk Rumah Sakit non-BDRS dilakukan dengan sistem tersendiri mulai dari pencocokan darah pasien, pemeriksaan golongan darah ABO dengan metode tube test, serta uji silang serasi dengan metode gel test. Metode pengujian golongan darah maupun uji silang serasi yang dilakukan UDD PMI Banda Aceh masing-masing menggunakan metode tube test dan  gel test.


Full Text:

PDF

References


Amalia, A., dan Tjiptaningrum, A. 2016. Diagnosis dan Tatalaksana Anemia Defisiensi Besi. Journal of Majority: (V) 166-169.

Amalia, Hafy, Z., dan Liana, P. 2021. Perbandingan Proporsi Antibodi Ireguler Pada Pasien Multitransfusi dan Pasien Non Multitransfusi di UTD RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang. Jurnal Surya Medika: (VII) 9-14.

Bhattacharya, P., Samanta, E., dan Biswas, R. 2018. An Approach to Incompatible Cross-Matched Red Cells: Our Experience In A Major Regional Blood Transfusion Center at Kolkata, Eastern India. Asian Journal of Transfusion Science: (XII) 51-56.

Effendi, N., dan Widiastuti, H. 2014. Identifikasi Aktivitas Immunoglobulin M (Igm) Ekstrak Etanolik Daun Ceplukan (Physalis minima Linn.) pada Mencit. Jurnal Kesehatan: (VII) 353-360.

Ernawati, S., Andi, N., Natsir, N., dan Bin AOS. 2013. Suksesi Makrozoobenthos di Hutan Mangrove Alami dan Rehabilitasi di Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan. Jurnal Bionature: (XIV) 49-60.

Gunawan, L.S., dan Puspita, R.C. 2019. Perbedaan Derajat Aglutinasi Uji Golongan Darah Berdasarkan Teknik Penanganan Sampel Dalam Pembuatan Suspensi Sel Darah Merah. Jurnal Biomedika: (XII) 187-196.

Hardani, Mustariani, B.A.A., Suhada, A., dan Aini 2018. Pemeriksaan Golongan Darah Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Kebutuhan Dan Kebermanfaatan Darah. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM): (II) 8-12.

Hastuti, Y., dan Roosarjani, C. 2022. Gambaran Hasil Crossmatching Incompatible Minor Positif dan Auto Kontrol (AK) Positif di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Surakarta Januari-Maret 2019. Jurnal JAKA (I) 1-8.

Indriyana, S., Endrayadi, E. C., dan Salindri, D. 2020. Peranan Palang Merah Indonesia Cabang Kabupaten Jember dalam Bidang Sosial Kemanusiaan Tahun 1980-2007. Jurnal Historia: (III) 337-355.

Khodijah, N.M., dan Qomariyah, N. 2019. Derajat Aglutinasi Pemeriksaan Golongan Darah Metode Cell Grouping Berdasarkan Tingkat Konsentrasi Suspensi Sel. Jurnal Laboratorium Medis: (I) 27-33.

Masyrur, M., Jurnitha, I.K., dan Probroni, M.W. 2019. Perubahan Golongan Darah Berdasarkan Pengaruh Waktu dan Mikroorganisme Yang Berperan. Jurnal Metamorfosa: (VI) 165-174.

Meytriana, D. 2020. Gambaran Karakteristik Kegagalan Seleksi Pendonor Darah Berdasarkan Hemoglobin Rendah Di UDD PMI Kabupaten Bantul Triwulan I 2020 (Karya Tulis Ilmiah). Yogyakarta: Universitas Jendral Achmad Yani.

Priyandari, Y., Suletra, I.W., Mas’ud, A., dan Nurrohmat, A. 2017. Purwarupa Alat Monitoring Suhu untuk Rantai Dingin Produk Menggunakan Near Field Communication: Studi Kasus Distribusi Darah. Jurnal Ilmiah Teknik Industri: (XVI) 115-122.

Purwati, D., Rofinda, Z.D., dan Husni 2020. Karakteristik Pasien Transfusi Darah dengan Inkompatibilitas Crossmatch di UTD RSUP rdr. M. Djamil Padang. Jurnal Kesehatan Andalas: (IX) 308-312.

Rahman, I., Darmawati, S., dan Kartika, A.I. 2019. Penentuan Golongan Darah Sistem ABO dengan Serum dan Reagen Anti-Sera Metode Slide. Jurnal GASTER: (XVII) 77-85.

Rassajati, S., Mentari, D., Pebrina, R., dan Prasetya, H.R. 2022. Perbedaan Waktu Penambahan Reagen AHG Berpengaruh Terhadap Validitas Hasil Uji Silang Serasi Metode Tabung. Jurnal Analis Medika Biosains: (IX) 34-42.

Swastini, D.A., Lestari, A.A.W., Arisanti, C.I.S., Laksmiani, N.P.L., dan Setyawan, E.I. 2016. Pemeriksaan Golongan Darah dan Rhesus Pelajar Kelas V dan VI Sekolah Dasar di Desa Taro Kecamatan Tegallang Gianyar. Jurnal Udayana Mengabdi: (XV) 64-69.

Yusuf, R.N., Christiani, A., dan Yola, N. 2021. Analisis Pemeriksaan Golongan Darah Donor Pada Metode Microplate Test. Jurnal Kesehatan Saintika Meditory: (IV) 61-70




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v11i1.19086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0