PERSEPSI GURU DAN PESERTA DIDIK TERHADAP PEMANFAATAN PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 LANGSA

Ramadhani Andrawina Ulpha, Fera Annisa, Yusran Yusran

Abstract


Dewasa ini, penguasaan teknologi merupakan kewajiban guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penggunaan TIK dalam kegiatan belajar mengajar membantu peserta didik untuk memperluas pengetahuan, pengalaman dan meningkatkan pemahaman, khususnya dalam pembelajaran fisika yang membutuhkan penggambaran audio visual, diagram alir, video praktikum dan penggunaan lab virtual. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan persepsi guru dan peserta didik terhadap pemanfaatan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran fisika SMA Negeri 1 Langsa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di SMAN 1 Langsa. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 guru yang mengajar di bidang fisika dan 55 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sangat membantu guru dalam proses pembelajaran fisika. Peserta didik lebih termotivasi dan antusias dalam belajar jika guru mengajar dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, peserta didik merasa lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan

Full Text:

PDF

References


Alwan, Menza Hendri. 2017. Faktor-Faktor yang Mendorong Siswa MIA SMAN Mengikuti Belajar luar Sekolah di kecamatan Telanipura Kota Jambi, Jurnal Edufisika, Vol. 02, No. 01.

Aris Shoimin. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Budiana HR., Sjafirah. 2015. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran bagi Para Guru SMPN 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis, Jurnal Aplikasi Ipteks dan Masyarakat, Vol. 4, No. 1.

Burhan Bungin. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Chaidar Husain. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Takaran, Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 2 No. 2.

Deni Darmawan. 2012. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Roesdakarya Offset.

Hamzah Uno, Nina Lamatenggo. 2010. Teknologi komunikasi & informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendra Jaya. 2012. Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Kegiatan Praktikum dan Mamfasilitasi Pendidikan di Karakter di SMK, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 2 No. 1.

Inung Diah Kurniawati. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa, Jurnal of Computer and Information Technology, Vol. 1, No. 2.

Instructional Development Center (IDC), Buku Penilaian PPL, (Banda Aceh: UIN Ar-Raniry, 2019.

M. Isa Fakhr. 2016. Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbantuan Macromedia Flash pada pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Momentum, Impuls, dan Tumbukan Kelas X SMA, Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 7, No. 3.

Muh. Fitrah, Luthfiyah. 2017. Metodelogi Penelitian: Penelitian Kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. Sukabumi: CV jejak.

Muhammad Idrus. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial ( Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif) Edisi Kedua. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Muthmainah, 2017, Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran, techsi, Vol. 9, No. 2.

Paul Suparno. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Darma

Rochiati Wiraatmadja. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rosenberg Mayer. 2001. Multimedia Learning. USA: Cambridge University, 2001

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti Murwitaningsih. 2016. Evaluasi Program Siaran Pendidikan Interaktif Televisi Edukasi Mata Pelajaran IPA, Jurnal Evaluasi Pendidikan, Vol. 7, No. 1.

Suyanto, Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga, 2013

Syarifah lely Fitriani. 2016. Penggunaan Media Simulasi PHET dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pokok Bahasan Kalor di SMA Negeri 12 Banda Aceh, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 04, N0. 02.

Winarno, dkk. 2009. Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran. Genius Prima Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v11i1.19099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0