PENGGUNAAN MEDIA FLIPCHART PADA MATERI JAMUR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA

Wenny Rosalina, Ulfa Ulfa, Eva Nauli Taib, Nurlia Zahara

Abstract


Minat belajar merupakan keinginan atau kemauan seseorang siswa untuk mengikuti pelajaran. Minat menjadi faktor penting dalam kegiatan belajar siswa. Kegiatan belajar yang dilakukan tidak sesuai dengan minat siswa akan memungkinkan berpengaruh negatif terhadap hasil belajar siswa yang bersangkutan sehingga tujuan belajar yang diinginkan tidak tercapai dengan baik. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen berupa pre-eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 6 Banda Aceh yang terdiri dari X MIPA-1, MIPA-2 dan MIPA-3. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Berdasarkan hasil analisis data diatas dapat dikatakan bahwa penggunaan Flipchart pada Materi Jamur di kelas X MIPA-1 SMA Negeri 6 Banda Aceh dapat meningkatkan minat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilkukan pada materi Jamur menggunakan media flipchart di SMA Negeri 6 Banda Aceh, maka dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa pada materi Jamur menggunakan media flipchart di SMA Negeri 6 Banda Aceh tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase nilai rata-rata 87%.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Angela Hollman et al. 2019. “Information Technology Pathways In Education: Intervention with Middla School Student”. Jurnal Commputer dan Education.

Arif S. Sadiman, dkk. 2014. Media Pendidikan: Pengertian, pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Cepy Riyana dan Rudi Susilana. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.

Fahmi Gunawan. 2018. Senarai Penelitian Pendidikan, Hukum dan Ekonomi di Sulawesi Tenggara. Yogyakarta: Depublish.

Femi Olivia. 2009. Membantu Anak Punya Ingatan Super. Jakata: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

I Putu Ade Andre Payadnya dan I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika. 2018. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Iwan, Este, Dkk. 2018. “Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII A SMPN 13 Monokwari”. Jurnal Nalar Pendidikan. 6 (1): 2.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifiks dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rachmad Himawan Surya Negara. 2014. “Penggunaan Media Flipchart Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDN Gunung Anyar Tambak”. Jurnal PGSD. 2 (2): 1-11.

Sadirman A. M. 2018. Interaksi dan Motovasi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafondo.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan,. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Ummyssalam A.T.A Duludu. 2017. Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS. Yogyakarta: Budi Utami.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v11i1.19100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0