KEANEKARAGAMAN CEPHALOPODA YANG TERTANGKAP NELAYAN DEMAK DAN MENGAWETKANNYA DENGAN RESIN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Achmad Machin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi  spesies Cephalopoda yang tertangkap nelayan Demak dan membuat produk awetan Cephalopoda dengan resin sebagai media pembelajaran. Merupakan  penelitian observasional deskriptif. Penentuan nama spesies Cephalopoda yang teramati didapatkan melalui  observasi karakteristik morfologis dan penyandraan karakteristik khusus lainnya. Identifikasi spesies ini  dibantu dengan panduan.  Cephalopoda  yang tertangkap nelayan  Demak selama penelitian tercatat ada 15 spesies, yaitu Loligo edulis, Loligo singhalensis, Loligo duvauceli, Loligo chinensis, Sepia brevimana, Sepia aculeata, Sepia inermis, Sepia pharaoris, Sepilla japonica, Eupryma morsei, Octopus membranaceus, Cistopus indicus,  Octopus dollfusi, Mactrotritopus defilippi dan Octopus vulgaris. Produk awetan Cephalopoda dengan resin telah dibuat. Kelebihan produk ini sebagai media pembelajaran  adalah spesimen yang diawetkan bisa dilihat dari semua sisi, lebih kuat dan tahan lama  serta  praktis dalam penyimpanan.


Full Text:

PDF

References


Anonim. 2003. Sumberdaya Cephalopoda di Indonesia. Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Budiwati. 2007. Penyediaan Spesimen Awetan sebagai Media Pembelajaran Biologi. Yogyakarta: UNY Press.

Muzakkir. 2012. Pendugaan Beberapa ParameterDinamika PopulasiCumi- cumi Loligochinensis pada Perairan Barru, Sulawesi Selatan. Jurnal Penelitian PerikananLaut. Vol. 3(2): 245-254

Sudjoko, B. 2010. Cumi-cumi (Cephalopoda, Molusca) sebagai Salah Satu Bahan Makanan dari Laut. Oseana XII (3): 97-107.

Vecchione, M. 2013. Cephalopods. National Marine Fisheries Service. Washington, D.C., USA.

Vecchione, M., C.F.E. Roper, M.J. Sweeney and C.C. Lu. 2001. Distribution, Relative Abundance and Development Morphology of Paralarva Cephalopods in the Western North Atlantic Ocean. NOAA Technical Report NMFS, 54p.

Wahyuningrum, M., Norma, A., Dicky H., 2014. Karakteristik Pertumbuhan Cumi Kuping (Eupryma morsei) yang didaratkan di TPI Tambak Lorok Semarang. Diponegoro Journal Of Maqueres Management of Aquatic Resources. Vol. 3 (1): 116-124.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v11i1.19273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0