RISET BIOLOGI BERBASIS STEM DI ERA METAVERSE

Fauziyah Harahap, Cicik Suriani, Syahmi Edi, Ayu Putri Ningsih, Eko Parasetya, Samsul Kamal, Nurlia Zahara, Armaniar Armaniar

Abstract


Revolusi Industri 4.0 dan era society 5.0 saat ini sedang kita hadapi. Seiring dengan hal tersebut, maka riset biologi juga berkembang pesat. STEM berperan penting dalam menggali potensi Biodiversitas dan riset biologi melalui berbagai model pembelajaran yang mengasah kemampuan berfikir kritis, berfikir kreatif, berkomunikasi dengan baik, berfikir tingkat tinggi (HOTS), berkolaborasi dalam proses pendidikan. Pelaksanaan Project base learning, Problem Base Learning, inquiry learning, Discovery Learning, Case Methode menjadi terintegrasi dengan proses pendidikan melalui STEM. Metaverse menawarkan cara baru bagi pengguna khusunya pada bidang pendidikan  untuk berkolaborasi secara virtual dan berperan didalamnya. Di dunia riset dan edukasi, metaverse membawa dampak, khusunya pada Biodiversitas Indonesia yang dapat divisualisasikan secara virtual.

Kata kunci: Revolusi Industri 4.0, STEM, Metaverse


Full Text:

PDF

References


Ali, SM., dan A. Mursawal. 2016. Komposisi Bentuk Cangkang Neritidae di Perairan Payau Sungai Reuleung Leupung Kabupaten Aceh Besar. Prosiding Seminar Nasional Biotik 2016. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Ahmad, I. 2018. Tantangan Pendidikan Tinggi Dalam Era Revolusi Industri 4.0. LPPM UMA.

Díaz, J. E. M., Saldaña, C. A. D., & Avila, C. A. R. (2020). Virtual World As A Resource For Hybrid Education. International Journal Of Emerging Technologies In Learning, 15(15), 94–109. Https://Doi.Org/10.3991/Ijet. V15i15.13025

Dyulicheva, Y. Y., & Glazieva, A. O. (2022). Game Based Learning With Artificial Intelligence And Immersive Technologies: An Overview. Ceur Workshop Proceedings, 3077, 146–159.

Indarta, Y., Ambiyar, Agariadne D. S.,Ronal W. (2022). Metaverse : Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3351-3363.

Li, Y., & Xiong, D. (2022). The Metaverse Phenomenon In The Teaching Of Digital Media Art Major.643 (Adii 2021), 348–353.

M. J & Zoldan, C.A. (2015). The Use of Guided Imagery As An Intervention In Addressing non-Suicidal Self-Injury. Journal of creativity in Mental Health,8, 35-47.

Sari, A. K., Ningsih, P. R., Ramansyah, W., Kurniawati, A., Siradjuddin, I. A., & Sophan, M. K. (2020). Pengembangan Kompetensi Guru Smkn 1 Labang Bangkalan Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Augmented Reality Dengan Metaverse. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 52. Https://Doi.Org/10.20956/Pa.V4i1.7620

Subianto, M. ; Afidh, R.P.F.; Harnelly, E. 2021, Development of Aceh Biodiversity Information System. Empowering Science and Transforming Communities through STEM Education, The 1st South East Asia Science, Technology, Engineering and Mathematics International Conference (SEA- STEM IC) 2020, Virtual, Banda Aceh, 20-22 October 2020, Bristol, UK, IOP Publishing.

Simatupang, H; Ningsih, W; Hardinata, A, 2021. STEM dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Farha Pustaka. Sukabumi. Indonesia.

Using Kami in your classroom. https://www.kamiapp.com/. Diakses 23 Juli 2023

Zoldan, A. 2021. The Fourth Revolution: Its Challenges For Businesses and Individuals. Forbes. https://www.forbes.com/sites/forbesbusinesscouncil/2021/05/03/the-fourth-revolution-its-challenges-for-businesses-and-individuals/. Diakses tanggal 23 Juli 2023




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v11i1.19410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0